Sabtu 17 Jul 2021 01:33 WIB

Pesona Khas Afrika di Masjid Nasional Abuja

Keseluruhan masjid ini didominasi warna mirip gurun pasir.

Masjid Nasional Nigeri di Abuja, Nigeria.
Foto: Flickr.com
Masjid Nasional Nigeri di Abuja, Nigeria.

IHRAM.CO.ID,  Masjid Nasional Abuja merupakan masjid negara Nigeria yang dibangun pada 1984. Dengan statusnya menyandang masjid nasional, masjid ini menampilkan gaya arsitektur khas Afrika.

 

Baca Juga

Keseluruhan masjid ini didominasi warna mirip gurun pasir. Kubahnya berbentuk setengah bola dengan warna kuning keemasan. Ada pula empat kubah lain tetapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Letaknya bersebelahan dengan empat menara yang menjulang 120 meter di setiap sudut bangunan masjid ini.

Penampakan luar Masjid Nasional Abuja sekilas mirip bangunan khas Turki, terutama bila menunjuk pada bentuk menara yang menyerupai pensil raksasa berujung lancip. Namun, bila didekati lebih saksama, ada perpaduan unsur-unsur budaya lain dari khazanah peradaban Islam.

 

photo
Salah satu masjid nasional Nigeria, Abuja - ()

Misalnya, gerbang utama masjid ini yang agaknya terinspirasi dari kebudayaan Persia. Sebab, bentuknya tidak lain ada lah iwan atau gerbang raksasa yang menghubungkan bagian luar dengan bagian dalam bangunan.

Iwan masjid ini juga dihiasi dengan ukiran muqarna, yang menggantung bagai kan stalaktit gua. Namun, muqarna yang terdapat pada rongga bagian dalam lengkung iwan di sini bercorak persegi. Masih seiring dengan arsitektur Persia, di tepian gerbang utama (iwan) Masjid Nasio nal Abuja terdapat ukiran kaligrafi yang indah.

 

 

sumber : Republika
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement