Sabtu 17 Jul 2021 01:55 WIB

Sentuhan Ottoman di Bagerhat

Pengaruh Ottoman dalam gaya arsitektur dunia Islam sampai hingga Bangladesh.

Peta Kota Bagerhat, Bangladesh.
Foto: wikipedia
Peta Kota Bagerhat, Bangladesh.

IHRAM.CO.ID, Pengaruh Ottoman dalam gaya arsitektur dunia Islam sampai hingga Bangladesh. Secara teritorial, Bangladesh bukanlah bagian dari wilayah yang mendapat kontrol langsung dinasti Ottoman. 

Menariknya, pengaruh itu bisa dapat dilihat pada sebuah kota di pinggiran Bangladesh. Kota ini disebut masyarakat setempat Khalifatabad. Lokasi persisnya berada di Sungai Gangga dan Brahmaputra. 

Baca Juga

Yang membangunnya adalah Jenderal Turki Usmani Ulugh Khan Jahan pada abad ke-15. Infrastruktur kota ini memperlihatkan keahlian seni arsitektur Islam yang luar biasa.

photo
Salah satu masjid di Bagerhat. - (Wikimedia.com)

Sejumlah masjid dan monumen Islam dibangun dalam kota dengan luas 50 kilometer persegi.  Bangunan di sana tersusun dari batu bata merah yang kuat dan tersusun rapi. Situs sejarah ini merupakan pening galan penting abad pertengahan di Bangladesh. Kota megah ini membentang hingga 50 kilometer persegi, lengkap dengan kompleks bangunan arsitektur Muslim Bengal.

 

Di dalamnya terdapat 360 masjid, bangunan umum, makam, jembatan, jalan, penampungan air, dan bangunan publik lainnya. Kota tua ini dibuat dalam beberapa tahun dan ditutupi oleh hutan setelah kematian pendirinya pada 1459. Namun, kota ini tetap terlihat sangat mencolok karena arsitekturnya yang khas.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement