Sabtu 24 Jul 2021 07:22 WIB

Masjid Hagia Sophia Merayakan Ulang Tahun

Setelah 86 tahun menjadi museum, pada 24 Juli 2020 Hagia Sophia kembali jadi masjid

Rep: Mabruroh/ Red: Christiyaningsih
 Muslim mengenakan masker dan menjaga jarak sosial shalat Idul Adha di Masjid Hagia Sophia di distrik bersejarah Sultanahmet Istanbul, Turki, Jumat (31/7/2020).
Foto: Pool via AP
Muslim mengenakan masker dan menjaga jarak sosial shalat Idul Adha di Masjid Hagia Sophia di distrik bersejarah Sultanahmet Istanbul, Turki, Jumat (31/7/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Masjid Agung Hagia Sophia menandai ulang tahun pertamanya sejak diresmikan kembali menjadi masjid, Sabtu (24/7). Itu adalah momen ikonik dalam sejarah Istanbul dan Turki ketika Hagia Sophia meninggalkan statusnya sebagai museum dan dikembalikan ke kejayaannya sebagai Masjid Agung Hagia Sophia pada 24 Juli 2020.

Dalam setahun yang ditandai dengan pembatasan terkait pandemi virus corona, Hagia Sophia tetap sepopuler sebelumnya. Dari penduduk Turki dari seluruh negeri hingga turis, Hagia Sophia menerima lebih dari tiga juta pengunjung.

Baca Juga

"Jumlah ini akan meningkat lagi setelah negara-negara lain mencabut larangan terbang mereka. Penduduk setempat sudah menunjukkan minat besar pada struktur bersejarah, terutama setelah semua jam malam dan sebagian besar pembatasan pandemi lainnya dicabut 1 Juli," kata penjabat mufti kota, Mustafa Yavuz, dilansir Daily Sabah pada Sabtu (24/7)

Hagia Sophia sebelumnya juga pernah berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukan Istanbul. Kemudian beralih fungsi menjadi masjid pada 1453-1934 atau hampir 500 tahun dan terakhir diubah sebagai museum selama 86 tahun.

Hagia Sophia merupakan salah satu bangunan bersejarah yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik dan internasional. Hagia Sophia ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada 1985.

Pada 10 Juli 2020, pengadilan Turki membatalkan dekret Kabinet 1934 yang telah mengubah Hagia Sophia menjadi museum, membuka jalan untuk digunakan kembali sebagai masjid setelah 86 tahun.

Presiden Recep Tayyip Erdogan dan kerumunan besar yang membanjiri jalan-jalan terdekat menghadiri peresmian Hagia Sophia sebagai masjid lagi. Kepresidenan Urusan Agama (Diyanet), di mana Istanbul Muftiate adalah anak perusahaan dan bertanggung jawab untuk mengawasi layanan keagamaan di masjid, menutupi lantai Hagia Sophia dengan karpet untuk sholat umat Muslim. Masjid ini juga terbuka untuk pemeluk agama lain.

Yavuz mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) pada Jumat lalu bahwa Hagia Sophia menarik minat yang luar biasa meskipun ada pandemi, di mana jam malam secara teratur membatasi jumlah pengunjung. Masjid, seperti yang lain di seluruh Turki, tetap buka dengan langkah-langkah jarak sosial yang ketat dan aturan masker wajib bagi siapa pun yang melakukan sholat atau mengunjungi tempat itu.

“Ini adalah salah satu tempat terpenting bagi Turki dan umat manusia. Salah satu tempat ibadah terpenting karena merupakan bagian dari identitas Islam Turki dan Istanbul. Ini juga merupakan nilai kemanusiaan bersama,” kata Yavuz.

Yavuz mengatakan meskipun antusiasme masyarakat untuk mengunjungi masjid sangat tinggi selama pandemi, tetapi mereka tidak menemui kesulitan. Pihak berwenang hanya mengizinkan sejumlah kecil orang dalam kelompok untuk memasuki masjid untuk mencegah munculnya masalah.

"Masyarakat juga mematuhi aturan jarak sosial dan masker," katanya.

Hagia Sophia menerima sekitar 5.000 pengunjung pada hari biasa dan sekitar 12.000 pada akhir pekan sepanjang tahun 2020 dan 2021.

Yavuz menyebut sholat zuhur secara khusus memiliki peminat yang tinggi hingga 1.500 orang melakukan sholat pada waktu yang bersamaan. Sedangkan pada sholat Jumat yang dilakukan secara berjamaah, jumlah ini tiga kali lipat dan terkadang lebih. Sholat juga dilakukan hingga ke halamannya dan di atas hamparan Sultanahmet Square tempat Hagia Sophia berada. Selain sholat, masjid ini juga menyelenggarakan kelas-kelas hadits dan tafsir atau tafsir Al-Qur'an.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement