Rabu 28 Jul 2021 21:42 WIB

Sentuhan Peradaban Islam dalam Kemegahan Sarajevo (II-Habis)

Peradaban Islam meninggalkan beragam karya terbaik di Sarajevo.

Seorang pekerja membersihkan bangunan masjid Cobanija di Sarajevo, Bosnia, Selasa (21/4). Disinfektan dimulai di masjid-masjid di ibukota Bosnia, Sarajevo dan di seluruh negeri, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19),  menjelang bulan suci Ramadhan. Meskipun kegiatan sembahyang hanya akan dihadiri oleh ulama Islam karena masyarakat harus mematuhi peraturan pembatasan sosial dari pemerintah pada pertemuan umum dan upacara keagamaan.
Foto: AP / Kemal Softic
Seorang pekerja membersihkan bangunan masjid Cobanija di Sarajevo, Bosnia, Selasa (21/4). Disinfektan dimulai di masjid-masjid di ibukota Bosnia, Sarajevo dan di seluruh negeri, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19), menjelang bulan suci Ramadhan. Meskipun kegiatan sembahyang hanya akan dihadiri oleh ulama Islam karena masyarakat harus mematuhi peraturan pembatasan sosial dari pemerintah pada pertemuan umum dan upacara keagamaan.

IHRAM.CO.ID, Peradaban Islam meninggalkan beragam karya terbaik di Sarajevo. Peninggalan itu sebagian besar dihasilkan pada masa pemerintahan Gubernur Gazi Huzrev Beg.

Salah satu karya gemilang itu adalah jembatan Latin yang membentang di atas Sungai Miljacka. Secara arsitektur, jembatan indah ini memiliki nuansa Turki Utsmani yang sangat kental. 

Baca Juga

Karya terbaik lainnya adalah Masjid Mimar Sinan, yang lagi-lagi mengusung gaya Turki Utsmani. Di halaman masjid ini yang luas terdapat tempat wudhu berbentuk gazebo.

Dilengkapi 10 buah pancuran, tempat wudhu ini dilapisi pualam putih pada bagian bawahnya. Bagian atasnya dihiasi air mancur dengan piringan tiga tingkat.

(Baca Juga: Sentuhan Peradaban Islam dalam Kemegahan Sarajevo Bagian Pertama)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement