Ahad 01 Aug 2021 23:23 WIB

Putra Gaddafi: Sekarang Saya Orang Bebas

Saif Al-Islam Gaddafi berencana kembali ke panggung politik.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Saif al-Islam Qaddafi, kini dan dulu
Foto:

"Kami mengekspor minyak dan gas ke Italia, dan kami menyediakan setengah pasokan listrik ke Italia, sementara kami mengalami pemadaman listrik. Apa yang terjadi sekarang telah berada di luar batas kegagalan. Ini adalah lelucon," kata Saif Al-Islam menambahkan.

Tentang kepergiannya selama bertahun-tahun, The New York Times melaporkan bahwa sepuluh tahun yang lalu, sekelompok pria bersenjata mencegat konvoi kecil di dekat kota Ubari di Libya. Konvoi itu mencoba melarikan diri ke selatan menuju Niger.

Ketika dilakukan pemeriksaan, kelompok tersebut menemukan seorang pemuda botak menutupi tubuhnya. Sementara tangan kanan pemuda itu dibalut dengan perban. Pada akhirnya kelompok bersenjata tersebut mengetahui bahwa pemuda itu adalah Saif Al-Islam 

Ketika itu, Saif Al-Islam sedang dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional. Dia dianggap sebagai sandera yang berharga, sehingga kelompok bersenjata itu menahannya sampai setelah pemilu 2012.

Kemudian mereka membebaskan Saif Al-Islam setelah perkembangan yang terjadi di Libya. Selama Saif Al- Islam ditahan tidak ada yang tahu keberadaannya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement