Selasa 03 Aug 2021 17:50 WIB

Kodi DKI Jakarta Bentuk Satgas Dai Peduli Umat

Satgas Dai ini lahir berangkat dari keprihatinan terhadap warga yang terpapar Covid

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Ketua KODI DKI Jakarta, KH Jamaluddin Hasyim saat membuka kegiatan penyerahan bantuan isoman di Rusun Rawa Bebek, Pulo Gebang Jakarta Timur, Senin (2/8).
Foto: Republika/Mabruroh
Ketua KODI DKI Jakarta, KH Jamaluddin Hasyim saat membuka kegiatan penyerahan bantuan isoman di Rusun Rawa Bebek, Pulo Gebang Jakarta Timur, Senin (2/8).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Koordinasi Dakwah Islam (Kodi) DKI Jakarta bersama Forum Komunikasi Lembaga Dakwah (FKLD) DKI Jakarta dan Syiar Dai Indonesia (SDI) membentuk satgas Dai Peduli umat. Satgas Dai ini lahir berangkat dari keprihatinan terhadap warga yang terpapar Covid-19 sehingga terpanggil untuk berkolaborasi dalam penanganan pandemi.

“Kegiatan ini, merupakan bakti kepedulian kami kepada pasien isoman Covid-19 yang kami lakukan di beberapa rusun di daerah DKI Jakarta dan hari ini kami buka di Rusun Rawa Bebek Jakarta Timur," kata Ketua KODI DKI Jakarta, KH. Jamaluddin F. Hasyim, dalam siaran pers, Selasa (3/8).

Gerakan aksi “Da’i Peduli Umat”  tertuang dalam tiga bentuk program yakni :

1. Layanan Peduli Isoman

Direalisasikankan dalam bentuk paket bantuan makan Isoman. Target program ini adalah warga rusun dan masyarakat luas yang menjalani isoman (isolasi mandiri) yang tinggal diwilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Tahap awal adalah Rusun Rawa Bebek, Rusun Pulo Gebang, Rusun Cakung Barat,  Rusun Rorotan Cilincing,  dan Rusun Jatinegara," kata dia.

2. Layanan Bimbingan Rohani Isoman

Layanan Bimbingan Rohani Isoman dilaksanakan dalam bentuk pendampingan rohani pasien dan konsultasi agama serta kajian tematik berkala secara online, baik via Group WA Isoman maupun secara daring.

3. Layanan Korban Covid 19

Layanan Korban Covid 19 dilaksanakan melalui layanan fardhu kifayah jenazah covid dan pelayanan Tahlil Online dari keluarga shohibul musibah. (Konsentrasi kegiatan di TPU Rorotan)

Adapun menurut Ketua Syiar Da’i Indonesia (SDI) yang juga merupakan ketua pelaksana Satgas Dai Peduli Umat, Ustadz Rakimin Al Jawi, bahwa Pelaksanaan dai peduli umat hari ini berjalan serentak, massif dan direspon dengan sambutan yang antusias.

“Kegiatan hari ini berjalan serentak, massif, dan direspon dengan sambutan yang antusias dari warga-warga rusun”, ungkap Ketua SDI

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa, Para pimpinan Rusun sangat berterimakasih dan tersentuh sekali atas program aksi peduli umat yang dilaksanakan oleh KODI DKI, FKLD dan Syiar Dai Indonesia dan menaruh harapan besar agar KODI DKI bisa terus membantu pembinaan dakwah di setiap rusun dibawah naungan setiap UPRS yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement