Rabu 09 Nov 2022 18:15 WIB

Kasus Covid-19 Naik, Menkes Kaget 40 Persen Pasien Kondisi Berat Belum Vaksinasi

Menkes meminta masyarakat melengkapi vaksinasi Covid-19.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah
Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Kasus Covid-19 Naik, Menkes Kaget 40 Persen Pasien Kondisi Berat Belum Vaksinasi
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Kasus Covid-19 Naik, Menkes Kaget 40 Persen Pasien Kondisi Berat Belum Vaksinasi

IHRAM.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan terjadinya peningkatan kasus harian Covid-19 seiring merebaknya subvarian baru. Dia menyebut ada tiga subvarian baru. Khusus di Indonesia ada satu yang mendominasi. Kebanyakan ditemukan di kota besar seperti Jakarta, Bali, dan Surabaya.

"Jadi memang sekarang kasusnya naik disebabkan subvarian baru. Ada tiga, BA2.75, XBB, dan BQ1. Yang banyak di Indonesia adalah BQ1, banyak di Eropa dan Amerika dan XBB ada di Singapura," ujarnya di Kampus C Unair Surabaya, Rabu (9/11/2022).

Baca Juga

Budi menyampaikan, subvarian baru itu memang ciri-cirinya ialah penularannya cepat. Budi merinci, saat ini jumlah pasien Covid-19 yang dirawat mencapai 24.000 pasien. Dari jumlah tersebut, yang masuk kategori kondisi berat sekitar 10 ribu pasien. Kemudian untuk jumlah pasien meninggal sejak Oktober sebanyak 1.300 orang.

"Itu untuk yang berat saya kaget, 40 persen ternyata belum vaksin, atau 70 persen belum booster. Yang meninggal dari 1.300 itu, 50 persen belum vaksin, dan 80 persen belum booster," ujar Budi.

Melihat fakta itu, Budi mengajak masyarakat yang belum melakukan vaksinasi untuk segera melakukannya. Kemudian untuk masyarakat yang vaksinasinya belum lengkap, dimintanya untuk segera melengkapi.

"Yang belum vaksin cepat vaksin. Kalau punya orang tua belum vaksin, paksa vaksin, belum booster, paksa dibooster. Karena vaksinasi dan booster itu sangat mengurangi risiko masuk RS dan wafat," ujarnya.

Selain vaksin, Budi juga mengimbau masyarakat kembali memperketat protokol kesehatannya lagi "Jadi saran saya, tetap pakai masker. Karena kasusnya lagi naik cepat sekarang. Dan yang belum divaksin, harus segera vaksin," kata dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement