Jumat 06 Aug 2021 05:22 WIB

Keterlibatan Perempuan dalam Masjid di AS Meningkat

Perempuan telah mendapatkan lebih banyak perwakilan di dewan masjid.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslimah Amerika Serikat (ilustrasi)

Porsi wanita yang relatif kecil di antara jamaah masjid Jumat sejalan dengan hasil survei Pew Research Center sebelumnya terhadap orang dewasa Muslim Amerika. Studi terbaru dari Center, yang dilakukan pada 2017, menemukan bahwa wanita Muslim lebih kecil kemungkinannya dibandingkan pria untuk menghadiri ibadah di masjid setiap Ahad, dengan perbandingan 37 persen dan 48 persen.

Hal itu mencerminkan pemahaman tradisional di antara banyak Muslim. Kehadiran pada saat sholat Jumat diwajibkan untuk pria tetapi tidak untuk perempuan. Di seluruh dunia, pria Muslim sering kali jauh lebih mungkin daripada wanita Muslim dalam mendatangi masjid, meski tidak ada kesenjangan gender dalam hal frekuensi sholat atau pentingnya agama dalam kehidupan Muslim di sebagian besar negara yang disurvei.

Walaupun wanita menjadi bagian yang relatif kecil peserta sholat Jumat, studi FACT menemukan bahwa sebagian besar masjid AS atau 55 persen memiliki kelompok wanita yang berdedikasi. Ada sebanyak 77 persen yang memiliki kegiatan atau program khusus untuk perempuan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement