Turki akan Restorasi Masjid Bosnia Berusia 5 Abad

Kamis , 12 Aug 2021, 12:30 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Zupa, Bosnia.
Masjid Zupa, Bosnia.

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Masjid Zupa, yang dibangun pada paruh pertama abad ke-16 di kota Trebinje, Bosnia-Herzegovina, akan diperbaiki dengan dukungan dari Union of Turkish World Municipality (TDBB). Masjid yang berusia lima abad itu telah berulang kali diperbaiki dan kini menunggu untuk diperbaiki kembali.

 

Terkait

Imam Kepala Dewan Persatuan Islam, Trebinje Sadık Fazlagic mengatakan bahwa Masjid Zupa, yang terletak di titik terjauh selatan Bosnia-Herzegovina, adalah salah satu masjid tertua di Trebinje. Mengingat masjid itu dibangun pada masa pemerintahan Sultan Utsmaniyah Ahmed I (1603-1617) itu mengalami kerusakan berkali-kali dan selalu diperbaiki dengan dukungan masyarakatnya.

Baca Juga

"Masjid dipindahkan ke lokasi saat ini pada pertengahan abad ke-19. Menara masjid menghalangi jalur kereta api yang rencananya akan dibangun di wilayah ini. Oleh karena itu, dipindahkan ke lokasi saat ini," kata Fazlagic dilansir dari Daily Sabah, Kamis (12/8).

Fazlagic mengatakan, masjid pernah dihancurkan dalam serangan terakhir pasukan Serbia selama Perang Bosnia pada 1993. Kemudian masjid itu diperbaiki dan dibuka untuk beribadah pada 25 Juli 2010, setelah serangan Serbia. "Sejak itu, suara-suara azan mulai terdengar, takbir dan salawat menggema dari menara masjid ini, yang terletak di titik terjauh selatan negara kita," terangnya.