Kamis 19 Aug 2021 18:18 WIB

AGH Abdurrahman Ambo Dalle, Mahaguru dari Tanah Bugis (I)

Singkatan AGH itu adalah Anregurutta (AG) dan haji.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Pondok Pesantren
Foto:

Penerapan pola disiplin itu membuahkan hasil. Saat masih berusia tujuh tahun, Ambo Dalle sudah mampu menghafal Alquran 30 juz. Sebagai bentuk apresiasi, seorang ulama lokal, KH Muhammad Ishak, menambahkan Abdurrahman pada awal namanya sehingga menjadi Abdurrahman Ambo Dalle.

Pada masa mudanya, Ambo Dalle tidak hanya mempelajari ilmu-ilmu agama Islam, seperti tajwid Alquran, qiraat tujuh, nahwu, sharaf, tafsir, dan fikih. Ia juga mengikuti kursus bahasa Belanda di sekolah formal Hollandsch-Inlandsche School (HIS), yakni setingkat SD sekarang.

Dengan kemampuan bahasa Belanda itu, dirinya semakin tertarik pada dunia pedagogis. Untuk itu, putra daerah Bugis ini pernah belajar pada Sekolah Guru yang diselenggarakan Sarekat Islam (SI) di Makassar.

Saat berusia sekitar 28 tahun, Ambo Dalle mendengar kabar ada seorang ulama besar dari Makkah yang telah kembali pulang ke Sengkang- Wajo. Nama orang alim itu ialah Syekh AGH Muhammad As'ad bin Abdul Rasyid al-Bugis. Untuk menambah wawasan ilmu agamanya, ia pun menimba ilmu kepada sang syekh.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement