Kamis 19 Aug 2021 18:45 WIB

AGH Abdurrahman Ambo Dalle, Mahaguru dari Tanah Bugis (III)

Bagi umat Islam, sosok AGH Abdurrahman Ambo Dallet sangat masyhur.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Madrasah (ilustrasi)
Foto: blogspot.com
Madrasah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Bagi umat Islam, khususnya kaum Muslimin di Sulawesi, sosok AGH Abdurrahman Ambo Dallet sangat masyhur. Kiprah dan perannya di tengah masyarakat tidak diragukan lagi, baik dalam kapasitasnya sebagai ulama karismatik maupun pejuang kemerdekaan bangsa.

Secara fisik, Gurutta Ambo Dalle memang tidak pernah secara langsung memanggul senjata melawan penjajah. Namun, pada zaman revolusi kediamannya tak pernah sepi dari para pejuang yang meminta didoakan keselamatannya.

Baca Juga

Misalnya, Laskar Pemuda Pejuang Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Tentara Republik Indonesia Persiapan Sulawesi (TRIPS). Kelompok ini dipimpin Andi Mattalatta. Salah satu misinya ialah melakukan ekspedisi ke Jawa pada 1946, mereka menemui Gurutta Ambo Dalle untuk didoakan keselamatannya dalam memperjuangakan bangsa dan negara.

Perjalanan hidupnya pun terus bergulir dengan segala dinamika yang mengiringinya. Hingga pada suatu hari, tepatnya pada 18 Juli 1955, mubaligh tersebut diadang segerombolan simpatisan DI/TII. Grup ini dipimpin Kahar Muzakkar.

Waktu itu, DI/TII memang banyak mengajak para ulama lokal untuk dibawa masuk ke hutan. Tujuannya agar mereka mau menjadi penasihat Kahar Muzakkar. Adapun para dai yang menolak permintaan itu, akan diculik. Termasuk di sini, Gurutta Ambo Dalle.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement