Abu Dhabi Duduki Peringkat Kota Teraman di Timur Tengah 2021

Kamis , 26 Aug 2021, 16:50 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab
Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI – Berdasarkan laporan Safe Cities Index 2021 yang terbit awal pekan ini, ibu kota Uni Emirat Arab (UEA), Abu Dhabi menduduki peringkat sebagai kota teraman di kawasan Timur Tengah. Abu Dhabi mendapat skor sangat tinggi dalam keamanan kesehatan dan keamanan infrastruktur dengan setiap skornya, yaitu 76,5 dan 77,3 dari skor 100.

 

Terkait

Dijelaskan dalam situsnya, Safe Cities Index 2021, sebuah laporan dari The Economist Intelligence Unit memeringkat 60 kota di 76 indikator yang mencakup digital, kesehatan, infrastruktur, keamanan pribadi dan lingkungan.

Abu Dhabi mencetak 66,9 dari 100 dalam keamanan keseluruhan, 66,8 dalam keamanan digital, dan 67 dalam keamanan pribadi. Ketiga skor tersebut dianggap skor tinggi oleh indeks.

Sementara itu, dalam hal pandemi Covid-19 dan pemahaman tentang keamanan kesehatan, Abu Dhabi berada di peringkat 12 dunia dengan skor 76,5 dari 100 dan Dubai berada di peringkat 13 dengan skor 75,5.

Dilansir Al Arabiya, Kamis (26/8), menurut analisis data komprehensif yang dilakukan oleh Deep Knowledge Group berbasis di Hong Kong, pada tahun 2020, Arab Saudi dan UEA termasuk di antara 20 negara teraman di dunia selama pandemi virus korona yang sedang berlangsung.

Untuk tahun ini, hasil Indeks Kota Aman ditunjukkan oleh kota Dubai yang mendapat skor sangat tinggi dalam keamanan kesehatan dan keamanan infrastruktur dan tinggi dalam keamanan digital dan keamanan pribadi. Abu Dhabi dan Dubai dianggap sebagai kota yang memiliki rencana kota pintar dan secara eksplisit berfokus pada keamanan siber dari infrastruktur dan jaringan kota pintar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini