Jumat 27 Aug 2021 11:54 WIB

Norwegia Hentikan Evakuasi Kabul

Norwegia tidak dapat lagi membantu mengevakuasi warga Afganistan

Citra satelit menunjukkan Bandara Internasional Kabul dan lokasi ledakan di dekat Gerbang Biara.
Foto: AP
Citra satelit menunjukkan Bandara Internasional Kabul dan lokasi ledakan di dekat Gerbang Biara.

IHRAM.CO.ID, OSLO -- Norwegia tidak dapat lagi membantu mengevakuasi warga yang tersisa dari ibu kota Afghanistan, ujar Menteri Luar Negeri Norwegia Ine Eriksen Soereide.

"Pintu-pintu di bandara sekarang ditutup dan orang tidak bisa lagi masuk," kata Soereide kepada penyiar TV2.

Terduga pelaku bom bunuh diri menyerang gerbang bandara Kabul, yang dipadati orang, dengan sedikitnya dua ledakan pada Kamis (26/8) hingga menewaskan puluhan orang dan melukai puluhan lainnya. Laporan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat tentang krisis Afghanistan menyebutkan bahwa Norwegia telah setuju untuk memberikan dukungan transportasi udara bagi para pengungsi Afghanistan dari kawasan Teluk ke titik-titik lanjutan di Eropa. Laporan tersebut, ditinjau oleh Reuters, tidak memberikan rincian.

Sebelumnya, Presiden ASJoe Biden berjanji akan memburu mereka yang bertanggung jawab atas ledakan di bandara Kabul di Afghanistan. Biden telah meminta Pentagon untuk mengembangkan rencana untuk menyerang balik mereka.

Biden berbicara beberapa jam setelah ledakan terjadi, yang menewaskan sedikitnya 13 tentara Amerika dan sejumlah warga sipil.ISIS Khorasan (ISIS-K), afiliasi militan yang sebelumnya memerangi pasukan AS di Suriah dan Irak, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

sumber : Antara / Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement