Bukit-Bukit Terkenal di Jazirah Arab  

Ahad , 29 Aug 2021, 18:30 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Bukit-Bukit Terkenal di Jazirah Arab. Foto: Ilustrasi Berdoa di Bukit Tsur
Bukit-Bukit Terkenal di Jazirah Arab. Foto: Ilustrasi Berdoa di Bukit Tsur

IHRAM.CO.ID,JAKARTA-- Jazirah Arab memiliki batas wilayah daerah yang sangat luas. Negara ini terdiri dari bukit-bukit batu yang landai sehingga padang lapang Tanah Suriah dan Selat Persia.

 

Terkait

Baca Juga

Prof Buya Hamka mengatakan di antara bukit-bukit yang terkenal di sebelah barat terdapat Bukit Sinai. Tingginyanya 2. 600 meter. Ini adalah bukit yang banyak disebut dalam kitab kitab suci 

"Bukit ini tempat Nabi Musa menerima wahyu," kata Prof Dr Buya Hamka dalam bukunya "Sejarah Umat Islam Pra Kenabian Hingga Islam di Nusantara"

Bukit-bukit di sebelah Hijaz dan Yaman ada yang tingginya mencapai 2.000 meter. Bukit barisan Hadramaut di sebelah selatan bahkan mencapai 2.400 meter. 

"Namun, bukit-bukit itu akan bertambah rendah apabila telah sampai di Selat Oman," katanya.

Sementara itu, tinggi Bukit Hijau di timur laut mencapai 3.000 meter. Di sana kamu terdapat tiga lembah yang bermula di kota Madinah dan Mekkah. 

Lembah pertama memanjang dari selatan ke utara sampai ke desa-desa Syam. Lembah kedua menuju barat daya dan Tenggara sampai ke Selat Persia. Lembah ketiga memanjang sampai ke utara selatan Persia.

Tetapi di sini terhalang oleh bukit-bukit yang memanjang sampai ke tepi pantai laut merah dan bukit-bukit yang memanjang pula sampai ke pantai lautan Hindia, serta bukit-bukit dan barulah membah itu kembali terbuka.

Selain dari tiga lembah besar tersebut, ada lagi beberapa lembah kecil yang ditumbuhi semak belukar subur, terutama yang terletak di dekat ketiga lembah tersebut.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini