Selasa 31 Aug 2021 14:14 WIB

Tentara AS Pergi, Taliban: Kemenangan ini Milik Kita Semua

Kelompok Taliban menyampaikan pernyataan usai kloter terakhir tentara AS hengkang.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
 Pemandangan penembakan udara oleh Taliban saat AS menarik tentara terakhirnya dari Kabul, Afghanistan, 31 Agustus 2021. Amerika Serikat pada 30 Agustus, mengatakan bahwa mereka telah mengakhiri misi militernya di Afghanistan setelah 20 tahun perang dengan keberangkatan dari Kabul dari pesawat AS terakhir yang membawa pasukan Amerika. Komandan Komando Pusat AS, Jenderal Frank McKenzie, membuat pengumuman itu pada konferensi pers di Pentagon.
Foto:

Blinken mengungkapkan, saat ini AS menangguhkan terlebih dulu kehadiran diplomatiknya untuk Afghanistan dan mengalihkan operasinya ke Qatar. “Misi militer telah berakhir, misi diplomatik baru telah dimulai,” ucapnya.

 

Ia menekankan, Taliban perlu memenuhi komitmennya tentang menjamin hak-hak perempuan dan kebebasan bergerak atau bepergian bagi warga Afghanistan. Taliban juga perlu memastikan bahwa Afghanistan tidak menjadi sarang kelompok atau organisasi teroris. Menurut Blinken, Taliban perlu menunaikan komitmen dan janjinya jika ingin diakui. “Legitimasi dan dukungan apa pun harus diraih,” kata Blinken. (Kamran Dikarma)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement