Jumat 03 Sep 2021 12:11 WIB

Kehidupan Luar Biasa Muslimah Kulit Hitam

Kehadiran black muslimah di era modern

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Subarkah
Muslim kulit hitam
Foto:

Seorang Legenda Hidup

Abdul Khabeer secara resmi mulai mengerjakan koleksi artefak digital berbasis web yang terkait dengan kehidupan ibunya pada Musim Gugur 2019. Proyek ini membahas tentang kulit hitam, kewanitaan, dan persaudaraan dalam komunitas Islam di Amerika Serikat.

Pengisahan cerita dan pengarsipan telah lama menjadi bagian integral dari pekerjaannya sebagai akademisi-aktivis dan seniman, di mana ia mengungkap bagaimana orang kulit hitam berhubungan dengan imperialisme dan bagaimana budaya membentuk bagian dari perlawanan dan pembebasan kulit hitam. Hal ini dapat dicontohkan dengan baik oleh buku terbarunya, Muslim Cool: Race, Religion, and Hip Hop in the United States (NYU Press, 2016), yang mengeksplorasi ras, agama, dan budaya populer melalui lensa hubungan antara Islam dan hip hop.

Dia juga editor platform online, Sapelo Square, yang mengeksplorasi pengalaman dan lintasan Muslim Afrika-Amerika. Abdul Khabeer mengatakan wajar baginya untuk menyoroti sejarah keluarganya sendiri.

“Amina adalah umi saya, ibu saya. Ibu saya adalah orang yang sehari-harinya menjadi seorang guru sekolah umum, aktivis komunitas, dan orang tua tunggal yang menjalani kehidupan yang luar biasa," kata Abdul Khabeer.

"Demikian pula, koleksi pribadi dan arsip keluarganya, yang mencakup ribuan barang yang berasal dari akhir tahun dua puluhan dan tersebar di berbagai benua, penuh dengan hal-hal yang luar biasa dan sehari-hari. Surat-surat dan barang-barangnya berbicara tentang kisah hidupnya, tetapi juga kisah-kisahnya dari banyak orang lain, terutama diaspora Afrika.”

Amatul Haqq meninggal mendadak pada usia 67 tahun pada Oktober 2017. Pemakamannya dihadiri oleh sedikitnya 500 orang, kata Abdul Khabeer kepada saya.

Dia mengingat percakapan yang dia lakukan dengannya pada hari dia meninggal. “Saya berbicara dengannya karena awalnya, saya berharap saya bisa pergi ke Uni Emirat Arab untuk berbicara dengan ekspatriat Muslim Kulit Hitam dan saya ingin dia ikut dengan saya,” kata dia.

"Kami merencanakan itu karena dia sudah pensiun. Saya punya teman yang membantu saya untuk memberi tahu dia tentang tiket pesawat. Kakak perempuan saya, yang tinggal bersamanya, menelepon saya beberapa jam kemudian dan memberi tahu saya bahwa ibu saya tidak ada di sana, itu tragis dan tak terduga."

Tapi Abdul Khabeer telah berhasil merayakan kehidupan ibunya saat dia masih hidup. “Untungnya pada tahun 2013, saya membuat sebuah pesta untuk ibu saya dan menyebutnya A Living Legend. Karena jika anda berasal dari New York atau Pesisir Timur, Anda akan mengenal Amina Haqq, orang-orang memanggilnya the haqq," katanya.

Cinta Hitam, Islam dan Persaudaraan

Pengarsipan berasal dari praktik silsilah yang lebih besar yang semakin populer di Amerika, dan khususnya AS, di antara orang-orang keturunan Afrika sejak tahun 1970-an. Namun prosesnya sering dirusak karena terganggunya garis keturunan keluarga yang menyertai praktik perbudakan barang.

Selain orang Afrika yang diperbudak terputus dari keluarga dan komunitas mereka di Afrika Barat dan Tengah, keluarga budak sering dipecah dan dijual ke perkebunan yang berbeda saat mereka tiba di “Dunia Baru”. Sebuah proses yang berlanjut lama setelah perdagangan budak transatlantik berakhir.

Nama dan nama keluarga budak tidak terdaftar dalam sensus AS sampai tahun 1870, lima tahun setelah perang saudara di negara itu mengakhiri perbudakan perkebunan secara definitif di negara tersebut. Setelah kehilangan warisan leluhur mereka, identitas inti Afrika mereka sangat terganggu.

Namun satu Afrikaisme yang tetap ada adalah mendongeng. Ini, dikombinasikan dengan penekanan Islam pada pemeliharaan ikatan keluarga, keduanya merupakan alasan mengapat memaksa Abdul Khabeer dan Muslim kulit hitam lainnya untuk mulai menyusun arsip keluarga mereka.

"Orang-orang seperti saya yang berasal dari Generasi X, generasi yang lahir antara tahun 1965 dan 1980 semakin tua, dan kami harus merawat orang tua atau kehilangan orang tua, jadi berada di ruang itu mendorong orang untuk melakukan ini," kata Abdul Khabir.

Ketika pengunjung pertama kali masuk ke UmisArchive.com, mereka akan disambut dengan rangkaian video sequence, yang dimulai dengan menampilkan Amatul Haqq sebagai seorang anak, menari dan bernyanyi bersama anggota keluarga lainnya, dan saat remaja, berdandan untuk kelulusan SMP-nya. Kemudian urutan beralih ke Amatul Haqq dalam penutup kepala, tersenyum ke kamera, sebagai wanita paruh baya dan kemudian di tahun-tahun berikutnya.

Tujuannya adalah untuk menunjukkan Amatul Haqq sebagai manusia yang hidup, bersahaja, dan agar pengunjung online memahami manusia di balik gambar, catatan, video, dan artefak lain yang dipamerkan.

Bagian pertama dari arsip adalah garis waktu pernikahan orang tuanya, kelahirannya, dan kegiatan yang dia ikuti sebagai pianis dan siswa drama yang berprestasi. Kami juga belajar dari ceramah yang dia berikan setelah masuk Islam, dan hubungannya sebelum dan sesudah menjadi seorang Muslim.

Arsip tersebut menyoroti karya Amatul Haqq di komunitas Muslim sebagai anggota pendiri dan ketua Aliansi Wanita Muslim Timur Laut, dan dakwahnya (tindakan menyeru dan mengajak orang ke Islam) untuk Komite Aksi dan Sumber Daya Pendidikan Muslim, di mana dia mengajarkan tentang peran wanita dalam iman.

Karyanya sebagai pendidik dan aktivis melawan krisis tunawisma kota New York patut dicatat, sehingga dia dianugerahi hari peringatan di kota New York untuk “mempromosikan hak-hak perempuan, keadilan sosial, dan kerukunan ras” pada 16 September 2008.

Bagian kedua dari arsip mencakup serangkaian pameran yang berfokus pada tema-tema utama yang diangkat Abdul Khabeer tentang kehidupan pribadi ibunya, dari persaudaraan hingga cinta kulit hitam, pemberdayaan, dan patah hati.

Pameran lain yang saat ini aktif bertajuk Black Consciousness and Political Action, yang mengeksplorasi konsep Black Consciousness (mencerminkan kesadaran diri yang positif dan rasa pemberdayaan) dan jenis-jenis tindakan politik yang dilakukan Amatul Haqq untuk mencontohkan hal ini dan hubungannya dengan pan-Afrika.

Sebagian besar barang, termasuk foto Amatul Haqq yang melemparkan tinju kekuatan hitam (dia adalah anggota Black Panthers) berasal dari akhir 60-an dan 1970-an, pada puncak gerakan radikal hitam, ketika dia berusia dua puluhan.

Setelah pertobatannya ke Islam, ia terus terlibat dengan tradisi radikal hitam dan materi pan-Afrika sebagai bagian dari komunitas Muslim kulit hitam yang terkemuka. Fitur ini di halaman depan Jihad News, diterbitkan oleh organisasi nasionalis kulit hitam yang didirikan oleh mahasiswa Malcolm X, Muhammad Ahmad (Max Stanford), yang mempromosikan Hari Pembebasan Afrika, serta selebaran acara dari sebuah kolektif yang dikenal sebagai Muslim untuk Reparasi.

Abdul Khabeer mengatakan, “Bagi saya, ini berbicara tentang sifat abadi dari komitmennya, yang merupakan ciri khas banyak orang di generasinya. Barang-barang ini juga meminta kami untuk mempertimbangkan apa yang telah berubah untuk kesadaran kulit hitam dan tindakan politik dari waktu ke waktu."

Dia menambahkan bahwa dia menerima beberapa umpan balik positif dari pengunjung arsip yang mengatakan bahwa mereka melihat cerita mereka tercermin kembali pada mereka. “Salah satu audiens utama saya adalah Muslim kulit hitam lainnya. Apa yang saya dengar adalah orang-orang mengatakan 'saya merasa seperti anda melakukannya untuk ibu saya, bibi saya dan semua orang', itu benar."

"Respons orang-orang adalah bahwa ini perlu dan mereka ingin melakukan hal serupa. Ibuku adalah orang biasa yang menjalani kehidupan yang luar biasa, tetapi dia tidak tunggal dalam hal itu. Jadi, yang saya inginkan adalah agar orang lain mengatakannya. 'saya ingin melakukan hal yang sama.'”

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement