Kamis 09 Sep 2021 17:20 WIB

Persis: Taliban Harus Bangun Kepercayaan Dunia Internasional

Afghanistan di bawah Taliban membutuhkan waktu untuk membangun kepercayaan dunia.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Tentara Taliban berpose untuk difoto di provinsi Panjshir timur laut Afghanistan, Rabu, 8 September 2021.
Foto: AP/Mohammad Asif Khan
Tentara Taliban berpose untuk difoto di provinsi Panjshir timur laut Afghanistan, Rabu, 8 September 2021.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis), Ustadz Jeje Zaenudin, menyampaikan, pemerintahan Afghanistan di bawah Taliban membutuhkan waktu untuk membangun kepercayaan dunia internasional. Menurutnya, para pemimpin Taliban dituntut oleh dunia internasional untuk merealisasikan komitmen mereka.

"Yaitu untuk membangun pemerintahan yang stabil, adil dan aspiratif. Juga memberikan hak-hak yang luas dan hak yang sama kepada kaum wanita dan anak-anak dalam mendapat akses ke dunia pendidikan, kesehatan, partisipasi politik dan sosial," kata dia kepada Republika.co.id, Kamis (9/9).

Baca Juga

Ustadz Jeje juga setuju terhadap apa yang disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada Taliban. Retno beberapa waktu lalu menyampaikan pesan kepada Taliban untuk membentuk pemerintahan yang inklusif, menjamin bahwa Afghanistan tidak akan digunakan sebagai aktivitas kelompok teroris, dan menghormati hak-hak perempuan. Ia juga menegaskan bahwa Indonesia ingin melihat Afghanistan yang damai, stabil, dan makmur.

"Apa yang disampaikan Menlu RI terkait Taliban tidak jauh berbeda dengan pandangan ormas-ormas Islam termasuk MUI. Persis sepakat bahwa harapan yang besar kepada pemerintah Afghanistan di bawah Taliban untuk segera mewujudkan struktur pemerintahan yang aspiratif," kata dia.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement