Kamis 09 Sep 2021 17:45 WIB

50 Pesantren di Perbatasan Peroleh Bantuan Kemenag

Dari 220 pesantren yang mengajukan proposal, hanya dipilih 50 pesantren.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Pondok Pesantren
Foto: ANTARA/NOVRIAN ARBI
Ilustrasi Pondok Pesantren

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Sekitar 50 pesantren di wilayah perbatasan negara akan memperoleh bantuan Kementerian Agama.  Kepala Sub Direktorat Pendidikan Pesantren Kemenag, Basnang Said, mengatakan, tahun ini kuotanya hanya untuk 50 pesantren padahal ada sekitar 500 pesantren di wilayah perbatasan. 

"50 (pesantren) kuota yang disahkan tahun ini, kita berharap di masa yang akan datang 50 persen pesantren di perbatasan bisa mendapatkan (bantuan)," kata Basnang kepada Republika, Rabu (8/9).

Baca Juga

Ia menjelaskan, dari 220 pesantren yang mengajukan proposal, hanya dipilih 50 pesantren. Maka Kemanag harus melaksanakannya sesuai dengan petunjuk teknis. Supaya jangan ada pesantren yang dizalimi dan didiskriminasi. Sebab semua pesantren berhak mendapatkan bantuan, hanya saja kuota dari negara tidak cukup untuk semuanya.

Ia menyampaikan, bantuan pesantren wilayah pebatasan negara adalah bantuan Kemenag untuk penguatan pesantren di daerah perbatasan. Ada pesantren yang berada di daerah yang berbatasan dengan Malaysia, Singapura dan Filipina.

"Kehadiran pesantren di perbatasan negara sangat penting, karena pesantren ini yang menjadi corongnya Indonesia, menjadi spikernya Indonesia untuk tetap kita mencintai negara bangsa, sehingga kita bisa seperti ini," ujarnya.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement