Jumat 10 Sep 2021 13:03 WIB

Tausyiah Jumat: Pelajaran Kesabaran dari Keluarga Ibrahim

Keluarga Nabi Ibrahim memperlihatkan kesabaran yang sangat menakjubkan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
 Kelugasan Ibrahim dan keluarganya menolak pengaruh setan itulah spirit yang semestinya dihayati jamaah haji saat melontar jumrah.
Foto: Antara/Zarqoni Maksum/ca
Kelugasan Ibrahim dan keluarganya menolak pengaruh setan itulah spirit yang semestinya dihayati jamaah haji saat melontar jumrah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Tausiyah tentang Kesabaran Yang Sangat Menakjubkan Keluarga Nabi Ibrahim Alaihis Salam oleh KH Abdurrahman Bustomi dalam buku Mimbar Jumat edisi 1123 terbitan Bidang Penyelenggara Peribadatan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), 20 Agustus 2021.

Kiai Abdurrahman memulai tausiyahnya dengan mengutip perkataan Syekh Ibnu Athaillah Assakandary. "Tidak ada satu hembusan nafas yang dihirup oleh dirimu melainkan ada ketentuan taqdir Tuhan di dalamnya." (Syekh Ibnu Athaillah)

Baca Juga

Begitupun apa yang terjadi pada saat ini terkait dengan pandemi yang menimpa umat manusia sedunia termasuk di Indonesia. Yang demikian adalah bagian dari ketentuan takdir Allah. Kita hanya bisa berdoa semoga musibah yang menimpa menjadi kifarat bagi kita dan segera diangkat oleh Allah SWT.

Napak tilas keluarga Nabi Ibrahim alaihis salam akan memperlihatkan kesabaran yang sangat menakjubkan dari keluarga Nabi Ibrahim alaihis salam. Cobaan bermula dari ditinggalkannya Siti Hajar di lembah gersang.

 

رَبَّنَآ اِنِّيْٓ اَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِيْ بِوَادٍ غَيْرِ ذِيْ زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِۙ رَبَّنَا لِيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ فَاجْعَلْ اَفْـِٕدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِيْٓ اِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِّنَ الثَّمَرٰتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُوْنَ

"Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan sholat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur." (QS Ibrahim: 37).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement