Sabtu 11 Sep 2021 15:33 WIB

Nama Bintang yang Berasal dari Bahasa Arab

Banyak bintang yang telah diberi nama Arab.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Tim astronom
Foto: universitas hawaii
Tim astronom

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Astronom Muslim selama Zaman Keemasan Islam berperan penting sehingga banyak bintang yang telah diberi nama Arab. Kemudian nama-namanya dilatinkan. Meskipun sudah dilatinkan, orang dapat menemukan jejak kata-kata Arab di dalamnya.

Astronom Islam Abd al-Rahman al-Sufi, memiliki peran penting dalam proses pengetahuan tentang astronomi. Mereka menerjemahkan informasi penting, seperti karya terkenal Ptolemy, Almagest. Karya ini mencakup garis besar kosmologi Aristoteles, pergerakan bintang-bintang, bulan, Jupiter dan Saturnus, gerhana, dan lain-lain.

Untuk dapat menerjemahkan sebuah karya serumit ini, seseorang harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang materi itu. Para astronom Arab tidak hanya menerjemahkan karya-karya tersebut tapi mereka juga menambahkan banyak informasi penting.

Daftar tersebut termasuk Altair (an-Nisr uṭ-Ṭā'ir), Rigil Kentaurus (ul-Qanṭūris), Betelgeuse (Ibṭ ul-Jawzā'), Deneb (Dhanab ud-Dajājah), Alnitak (an-Niṭāq), Fomalhaut (Fum al-Hul), dan Algol (Ra'as al-Ghūl).

 

Banyak dari nama-nama bintang ini akhirnya disalin dan digunakan di Eropa. Kerap kali orang tidak mengetahui asal usul nama-nama ini berasal dari bahasa Arab. Berikut beberapa nama bintang yang berasal dari nama Arab, dilansir About Islam Sabtu (11/9).

Altair adalah nama singkat dari ‘an-Nisr uṭ-Ṭā’ir’ yang berarti Elang terbang. Bintang lain bernama Rigil Kentaurus berasal dari 'Rijl ul-Qanṭūris yang diterjemahkan kaki centaur. Sementara bintang terkenal Betelgeuse yang berarti ketiak yang di tengah berasal dari nama Arab 'Ibṭ ul-Jawzā'. Pun Deneb adalah versi singkat dari 'Dhanab ud-Dajājah' yang berarti ekor ayam.

Kemudian ada Alnitak yang memiliki arti ikat pinggang berasal dari kata Arab ‘an-Niṭāq’. Lalu ada Fomalhaut, bintang yang diberi nama 'Fum al-Hul' dalam bahasa Arab yang berarti mulut Paus. Terakhir ada Algol adalah versi singkat dari nama Arab 'Ra'as al-Ghūl'. Ghoul adalah sosok dalam legenda Arab dan merupakan sejenis iblis, monster yang menakutkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement