9 Pandangan Keliru Soal Islam di Barat

Selasa , 14 Sep 2021, 06:45 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Kelompok Muslim Amerika Serikat mengampanyekan anti Islamofobia
Kelompok Muslim Amerika Serikat mengampanyekan anti Islamofobia

3. Semua wanita Muslim memakai atau harus memakai jilbab

 

Terkait

Jilbab adalah kerudung yang menutupi rambut yang dikenakan oleh sebagian wanita Muslim untuk mempraktikkan kesopanan. "Kenyataannya menurut penelitian survei, sekitar setengah dari wanita Muslim di AS memakainya dan setengahnya lagi tidak," kata Mogahed.

Sementara beberapa pemerintah, seperti Arab Saudi dan Iran, telah mewajibkan jilbab bagi perempuan di ruang publik, dan Islam sendiri melarang paksaan dalam bentuk apa pun. "Itu harus menjadi keputusan pribadi untuk setiap wanita. Itu saja bukan indikator kesalehan yang akurat," kata Chaudry. 

4. Alquran mendorong umat Islam untuk melakukan tindakan kekerasan terhadap non-Muslim

Klaim bahwa Islam mendorong kekerasan terhadap non-Muslim biasanya merupakan hasil dari orang-orang yang keliru dalam memahami ayat-ayat Alquran. Chaudry menyebutkan, mengeluarkan ayat suci Alquran dari konteksnya dan menyalahgunakan untuk membenarkan atau memaafkan segala jenis kekerasan adalah sangat berbahaya dan tidak pantas.

Allah SWT berfirman, "...Siapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi." (QS Al-Maidah Ayat 32)

Apalagi, pemeluk agama lain juga ada yang melakukan kekerasan sehingga lebih berkaitan dengan individu daripada agama. "Orang-orang yang menyampaikan mitos bahwa Islam itu kekerasan belum mempelajari agama itu," kata Chaudry.