Nigeria Tetapkan Tidak Ada Setoran Baru Haji 2022

Selasa , 14 Sep 2021, 16:40 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Nigeria Tetapkan Tidak Ada Setoran Baru Haji 2022. Foto: ilustrasi Jamaah Haji Nigeria
Nigeria Tetapkan Tidak Ada Setoran Baru Haji 2022. Foto: ilustrasi Jamaah Haji Nigeria

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Dewan Kesejahteraan Jemaah Muslim FCT mengatakan tidak akan menerima setoran baru dari calon jamaah haji 2022, Senin (13/9). Aturan ini berlaku sampai mereka yang telah membayar setoran minimum untuk ibadah yang dibatalkan tahun 2021 dipenuhi haknya.

 

Terkait

Dewan juga mengatakan aplikasi baru hanya akan diterima setelah jumlah kursi yang dialokasikan untuk FCT oleh Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) haji 2022 diumumkan.

Baca Juga

Aturan ini disampaikan Direktur Pengurus FCT, Malam Muhammad Nasiru Danmallam, saat berbicara kepada wartawan di Abuja. Sebelum terjadi pembatalan haji 2021, dewan telah mendaftarkan 1.714 jamaah, termasuk yang menyimpan uang mereka sejak pembatalan haji 2020.

Setelah diumumkan pembatalan tersebut, dewan meminta jamaah yang ingin uang jaminan mereka dikembalikan mengajukan permohonan. Total, 432 juta Naira atau Rp 14,9 miliar dikembalikan kepada 334.000 calon peziarah, dan tersisa 1.380 jamaah yang belum mengambil uang mereka.

"Penting untuk diketahui, 1.380 calon jamaah haji ini tidak semuanya telah membayar setoran minimum 1,5 juta Naira seperti yang diinstruksikan NAHCON. Dengan demikian, mereka yang menyetor di bawah 1 juta Naira tidak dapat ditangkap dalam database pusat, yang disediakan oleh badan pengatur haji 2021," ujarnya.

Oleh karena itu, dewan menyarankan jamaah yang menyetor di bawah jumlah minimum untuk bermigrasi dari metode pembayaran kursi haji yang biasa ke Skema Tabungan Haji (HSS) yang diprakarsai oleh NAHCON. Hal ini memungkinkan jamaah yang berniat membayar haji memenuhi biayanya sesuai dengan kenyamanan mereka sendiri.

Direktur Nasiru Danmallam lanyas meyakinkan mereka yang menyetor hingga 1,5 juta Naira tahun lalu dan memutuskan untuk menyimpan uang mereka ke haji 2022 akan mendapatkan prioritas jika haji berlangsung, serta FCT mendapat slot yang cukup untuk mengurus semuanya.

"Menunggu perkembangan ini, dewan tidak akan mengumpulkan simpanan baru dari calon jamaah haji hingga menerima alokasi haji 2022 dari NAHCON, serta dan telah sepenuhnya menampung deposan berguling,” kata dia.  

Sumber:

https://dailytrust.com/no-fresh-deposit-for-2022-hajj-fct-muslim-pilgrims-board

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini