Rabu 22 Sep 2021 10:57 WIB

Pertunjukan Udara di Jeddah Tandai Perayaan Hari Nasional

Pertunjukkan dilakukan untuk menandai dimulainya perayaan Hari Nasional ke-91 Saudi

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Atraksi udara besar mewarnai peringatan 90 tahun kemerdekaan Arab Saudi.
Foto: Saudi Gazette
Atraksi udara besar mewarnai peringatan 90 tahun kemerdekaan Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Jet tempur dari Royal Saudi Air Forces berpartisipasi menampilkan pertunjukan udara yang spektakuler dan mengesankan, di kota Jeddah dan Taif, Selasa (21/9). Pertunjukkan dilakukan untuk menandai dimulainya perayaan Hari Nasional ke-91 Arab Saudi, yang jatuh pada 23 September.

K3-MRTT, Tim Hawks, serta pesawat tempur yang telah dicat berpartisipasi dalam parade. Pertunjukan udara di kota pesisir Laut Merah Jeddah dan kota wisata Taif ini akan diikuti oleh pertunjukan udara besar-besaran dan parade militer di ibu kota Riyadh, Kamis (23/9) nanti.

Dilansir di Saudi Gazette, Rabu (22/9), beberapa persiapan berjalan lancar untuk perayaan besar Hari Nasional, dengan semangat patriotik dan kebanggaan penuh di semua kota, wilayah, dan provinsi di seluruh Kerajaan.

Kembang api yang memesona akan digelar sekitar pukul 9 malam di 13 kota di seluruh bagian Kerajaan, Kamis nanti. Jalan-jalan utama di seluruh Kerajaan telah dihiasi dengan bendera dan penerangan berwarna hijau.

 

Wilayah Kotamadya mendekorasi tempat-tempat umum serta situs warisan, sejarah dan bangunan untuk merayakan acara meriah ini.

General Entertainment Authority (GEA), bekerja sama dengan walikota dan kotamadya di berbagai daerah, telah menyelesaikan persiapan untuk mengadakan pertunjukan interaktif dan kegiatan publik di beberapa kota dengan slogan “Ini adalah rumah bagi kita”.

Berbagai kegiatan teatrikal dan kebudayaan, serta pameran lukisan nasional, juga akan digelar di sejumlah wilayah Saudi.

Langit Riyadh akan menyaksikan pertunjukan udara besar-besaran dengan partisipasi Tim Elang Saudi, pesawat tempur, serta pesawat penerbangan sipil. Helikopter yang membawa Bendera Nasional akan menampilkan pertunjukan udara berdurasi satu jam mulai pukul 4 sore di dekat Gedung Industri Utara, Riyadh.

Kementerian Dalam Negeri, bekerja sama dengan GEA, menyelenggarakan parade militer selama satu jam, di mana perempuan akan berpartisipasi untuk pertama kalinya. Parade ini juga menampilkan pendirian museum yang memamerkan artefak paling menonjol dari berbagai sektor di bawah Kementerian Dalam Negeri.

Pasukan Royal Guard akan menggelar parade tim khusus mereka. Mobil-mobil tua yang digunakan selama periode berbagai raja Arab Saudi akan ditampilkan, disamping parade kuda dan pertunjukan band musik.

Parade ini akan dimulai pukul 4 sore dan berakhir pada jam 8 malam. Salah satu rangkaian kegiatan adalah konser musik dan pertunjukan seni pada pukul 8 malam, di Pusat Kebudayaan Raja Fahd di Riyadh. Beberapa penyanyi ternama akan tampil di acara tersebut.

Wakil Walikota Jeddah untuk layanan masyarakat, Eng. Saeed Al-Qarni, mengatakan berbagai program dan kegiatan akan dilakukan sebagai bagian dari perayaan Hari Nasional. Warga, penduduk dan pengunjung Jeddah dapat menikmati pertunjukan kesenian rakyat selama dua hari.

Al-Qarni juga mengatakan kotamadya akan mengadakan pertandingan sepak bola eksibisi di Stadion Bola Api di Jalan Pangeran Sultan, dengan partisipasi sekelompok seniman dan bintang olahraga. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement