Senin 27 Sep 2021 17:30 WIB

Kemenag Ungkap Langkah Strategis Halau Teror Berbau Agama

Kemenag dorong pembinaan takmir-takmir masjid secara berkelanjutan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto: dok. Republika
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin menekankan perlunya pembinaan kepada takmir-takmir masjid secara berkelanjutan. Menurut dia, ini penting untuk mengantisipasi potensi munculnya teror berbau agama, seperti peristiwa yang terjadi belum lama ini.

"Langkah strategisnya adalah, dengan melakukan pembinaan berkelanjutan kepada takmir-takmir masjid agar dapat mengantisipasi potensi-potensi terjadinya hal serupa (kekerasan berbau agama)," tutur dia kepada Republika.co.id, Senin (27/9).

Baca Juga

Kemenag, lanjut Kamaruddin, selama ini terus melakukan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi takmir masjid, baik dalam hal tata kelola maupun pemahaman keagamaan. Bentuk pembinaan ini di antaranya dengan mengadakan pelatihan untuk para takmir.

"Pelatihan ini sudah, sedang, dan akan terus kita lakukan. Yang diberikan kepada takmir di antaranya pengarusutamaan pemahaman agama yang moderat. Kami belum dapat menjangkau semua masjid dan mushala karena jumlahnya yang sangat besar," tuturnya.

 

Namun, menurut Kamaruddin, ekosistem pengelolaan rumah ibadah, dalam hal ini masjid, harus terus ditingkatkan baik dari sisi SDM maupun tata kelolanya. "Kami terus melakukan pembinaan kepada takmir-takmir masjid agar kualitas layanan rumah ibadah terus meningkat," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement