Sabtu 09 Oct 2021 17:23 WIB

Sultan Ottoman Murad I, Penguasa Balkan yang Syahid

Patriark Yunani memuji Sultan Murad atas toleransinya terhadap Ortodoks

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Sultan Murad I
Foto: Daily Sabah
Sultan Murad I

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Salah satu sultan Ottoman yang meninggal bukan karena sakit adalah Sultan Murad I, putra Sultan Orhan Ghazi. Dia meninggal saat perang dan diberi gelar Hodawendgar yang berarti kepala dalam bahasa Persia dan Ghazi Hunkar berarti penguasa veteran dalam bahasa Turki.

Sang ibu bernama Nilufer Hatun yang merupakan putri Gubernur Bizantium Yarhisar dan sebelumnya disebut Holofira sebelum masuk Islam. Murad lahir di kota Bursa. Saat kecil, ia diajari oleh gurunya bernama Lala ahin Pasha. Kemudian pada usia muda, ia ditunjuk sebagai komandan militer dan administrasi Bursa. Saat kakak laki-lakinya Suleyman Pasha meninggal dalam kecelakaan berburu tahun 1359, ia menjadi pewaris takhta.

Di tahun yang sama, ia menjadi komandan tentara Rumelia dan naik takhta sebagai penerus ayahnya yang meninggal setahun setelahnya.

Karena kekuasaan politik dipandang sebagai milik umum dinasti dalam tradisi Turki kuno, kedua saudaranya Ibrahim dan Halil memberontak melawan Sultan Murad. Kondisi ini membuat Murad menekan pemberontakan shahzade pertama dalam sejarah Ottoman.

Setelah menaklukkan Ankara dan Ereğli (Heraclia) di pantai Laut Hitam, Sultan Murad I menuju ke Rumelia saat Kekaisaran Bizantium membuat aliansi dengan Venesia dan berusaha menduduki tanah Utsmaniyah dengan memanfaatkan pendudukan sultan di Anatolia.

Kala itu, Edirne yang saat itu disebut Adrianopel adalah milik Kekaisaran Bizantium, tetapi penduduk setempat tidak senang dan puas dengan pemerintahannya. Dalam pemberontakan pada tahun 1345, orang-orang terkemuka di kota itu dibunuh dengan pedang. Sultan Murad mengevaluasi situasi ini dan menaklukkan Edirne pada tahun 1363 dengan Pertempuran di Sazlıdere pada tahun 1363. Markas besar pemerintah dipindahkan ke Edirne dan puluhan ribu orang Turki yang dibawa dari Anatolia menetap di sana.

Sultan bertekad untuk menaklukkan seluruh Balkan. Jadi, dia mendirikan empat bangunan, menaklukkan Kırklareli, dan mencapai Laut Hitam. Dia menugaskan Evrenos Bey dengan penaklukan Thrace Barat sementara pengisian Lala ahin Pasha dengan penaklukan selatan Bulgaria. Wilayah Stara Zagora, Plovdiv (Filibe), dan Komotini (Gümülcine) ditaklukkan sehingga Kekaisaran Bizantium dan Bulgaria Serbia dan Albania terpisah satu sama lain. Ketika Kekaisaran Bizantium menyadari mereka tidak akan menerima dukungan dari penduduk setempat, mereka kehilangan harapan untuk mengusir Ottoman dari Rumelia dan setuju untuk berdamai dan mengakui penaklukan ini.

Dilansir Daily Sabah, Sabtu (9/10), kemajuan Ottoman yang tidak dapat dicegah oleh Kekaisaran Bizantium, mengkhawatirkan dunia Kristen. Venesia tidak ingin memulai perang dengan Ottoman dan membahayakan kepentingan komersialnya di Timur. Satu-satunya kekuatan yang dapat melawan mereka adalah orang-orang Hongaria yang ingin mengkatolikkan orang-orang Balkan.

Tentara yang dibentuk oleh raja-raja Hongaria dan Serbia bersama dengan pangeran Bosnia dan Wallachia dengan dorongan Kepala Gereja Katolik Paus Urban V dihancurkan dalam serangan malam dekat Edirne oleh unit pengintai di bawah komando Ottoman tahun 1364. Setelah kemenangan itu, Serres dan Biga, kota pesisir di pantai Marmara Anatolia yang masih di bawah kendali Bizantium ditaklukkan.

Republik Ragusa yang berpusat di kota pelabuhan Dubrovnik di Adriatik, menerima kedaulatan Utsmaniyah untuk mempertahankan jalur perdagangannya yang menguntungkan dan menjadi pusat pengecoran meriam Ottoman. Ottoman disambut oleh orang-orang Rumelian.

Patriark Yunani memuji Sultan Murad atas toleransinya terhadap Ortodoks dalam sebuah surat kepada Paus Urbanus VI pada tahun 1385. Dalam menghadapi ancaman Katolik, wajar bagi orang-orang Ortodoks untuk lebih memilih Ottoman.

Masa damai yang dimulai dengan perkembangan ini memberi kesempatan bagi Sultan Murad untuk memperbaiki negeri. Dia menugaskan untuk membangun imaret (dapur umum untuk orang miskin) dan tekke (pondok) di Yenişehir. Selain itu, dia juga menugaskan untuk membangun sebuah madrasah dan sebuah istana di Edirne bersama dengan sebuah masjid di Bilecik. Bursa menjadi salah satu pusat ilmu pengetahuan dan budaya paling cemerlang di dunia Islam pada masanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement