Tim Sigab Daarul Quran Bantu Korban Banjir Luwu

Senin , 11 Oct 2021, 14:41 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Musibah banjir membuat setidaknya 12ribu warga di Kabupaten Luwu terisolir.
Musibah banjir membuat setidaknya 12ribu warga di Kabupaten Luwu terisolir.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Banjir dan tanah longsor terjadi di Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, pada Ahad (3/10) lalu. Merespon kejadian tersebut PPPA Daarul Qur’an Makassar menurunkan Tim Siaga Bencana (Sigab) sejak Jum’at (8/10) malam.

 

Terkait

Setibanya di lokasi Tim Sigab langsung melakukan pendataan. Dari hasil pendataan Tim Sigab di Kecamatan Walenrang ada lima dusun yang terendam banjir terdiri dari 417 KK. Kelima dusun itu adalah Dusun bolong, Dusun Buah, Dusun Salumakomun, Dusun Simboang dan Dusun Kowi. Musibah ini membuat setidaknya 12ribu warga di Kabupaten Luwu terisolir.

Baca Juga

Ada sekitar 73 titik longsor yang menutup jalan. Sementara itu ada 30 titik lainnya yang tak sampai menutup jalan sehingga. Hal ini yang dimanfaatkan Tim Sigab agar dapat menembus lokasi dengan medan berkrikil, bebatuan, tanah merah beserta lumpur yang licin.

Akses menuju lokasi begitu sulit. Dalam perjalanan Tim Sigab pun sempat membantu warga yang kesulitan melintas karena licinnya akses. Hal itu disebabkan karena sisa-sisa lumpur masih memenuhi jalan.

Hingga saat ini Tim Sigab telah mendapatkan data kebutuhan darurat yang dibutuhkan warga di pengungsian, seperti beras, telur, ikan kaleng, makanan cepat saji, tikar, selimut hingga popok bayi. Kebutuhan itulah yang tengah diupayakan Tim Sigab untuk segera disalurkan kepada warga.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini