Rabu 13 Oct 2021 07:22 WIB

Wadah Air Zamzam Kembali Hadir di Masjidil Haram

Wadah Air Zamzam kembali tersedia di Masjidil Haram.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Petugas membagikan air zamzam kepada jamaah umroh di Masjidil Haram. Petugas membawa wadah silindris berisi air Zamzam. Tindakan itu untuk membendung penyebaran virus corona (Covid-19).
Foto: Saudi Gazette
Petugas membagikan air zamzam kepada jamaah umroh di Masjidil Haram. Petugas membawa wadah silindris berisi air Zamzam. Tindakan itu untuk membendung penyebaran virus corona (Covid-19).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Wadah air Zamzam sekarang tersedia untuk jamaah di Masjidil Haram, Makkah setelah vakum lebih dari satu setengah tahun. Badan Layanan dan Urusan Lapangan dan Perlindungan Lingkungan di Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci telah memulihkan 155 mashrabiya (stasiun pengisian zamzam) dan 20 ribu wadah minum air Zamzam di Masjidil Haram untuk melayani jamaah.

Semuanya diterapkan sesuai dengan langkah-langkah pencegahan virus korona. Kepresidenan berhenti melayani air Zamzam dari wadah menyusul merebaknya pandemi Covid-19 pada awal 2020. Selama masa pandemi, kepresidenan mempekerjakan sejumlah besar pekerja untuk mendistribusikan air suci dalam botol tertutup, steril, dan sekali pakai di mataf (area melingkar di sekitar Ka'bah), mas'a (area lari antara Safa dan Marwah), serta di berbagai lokasi di dalam Masjidil Haram.

Baca Juga

Wakil Kepala Kepresidenan yang bertanggung jawab atas Badan Layanan dan Urusan Lapangan dan Perlindungan Lingkungan Muhammad Al-Jabri mengatakan keputusan untuk memulihkan mashrabiya dan kontainer diambil menyusul peningkatan tingkat imunisasi terhadap virus korona di antara warga negara dan ekspatriat. Hal ini juga sesuai dengan semua tindakan pencegahan terhadap virus korona oleh jamaah umroh dan pengunjung Masjidil Haram.

“Jumlah stasiun pengisian zamzam tetap yang dioperasikan kembali di dalam Masjidil Haram mencapai lebih dari 97. Sebanyak 48 stasiun marmer pada kolom lantai dasar dan lantai pertama Masjidil Haram dan 10 stasiun marmer di halaman," kara Al-Jabri, dilansir Saudi Gazette, Rabu (13/10).

Stasiun air marmer baru dibangun di lantai pertama dan kedua Masjidil Haram serta di mas'a, basement masjid, dan di halaman utara. Kepresidenan menambahkan semua stasiun air fiberglass di atap masjid dan mengganti stasiun marmer baru di Masjidil Haram.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement