Senin 18 Oct 2021 15:20 WIB

Seniman Pakistan Buat Mushaf Alquran Terbesar Dunia

Seniman Pakistan membuat Alquran berukuran panjang 8,5 kaki dan lebar 6,5 kaki.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Alquran (ilustrasi)
Foto:

“Kami telah membuat desain kami sendiri untuk membaca Alquran setelah mempelajari desain Turki, Arab, dan Iran. Ini adalah hasil inspirasi dari semua desain tersebut,” ujar dia.

Pada tahap pertama huruf-huruf dicor di tanah liat lalu diplester dan akhirnya diubah menjadi serat sebelum dicor aluminium. Lebih dari 200 kilogram emas, 2.000 kilogram aluminium, dan 600 gulungan kanvas akan digunakan untuk mencetak 77.430 kata pada 550 halaman. Untuk memperindah dan memperkaya desain, batu mulia seperti rubi, safir, dan zamrud juga akan digunakan.

Teknik kaca Italia dan warna akrilik telah digunakan untuk mengembangkan desain karena dapat bertahan selama ratusan tahun. Rassam mengaku telah menyiapkan sampel karya seni atas permintaan seorang teman pada tahun 2016 yang mendorongnya untuk memproduksinya dalam skala yang lebih besar.

Rassam menyebut karyanya tidak hanya tentang agama tetapi juga tentang seni dan budaya. “Karya ini bukan untuk umat Islam saja, tetapi untuk menarik orang-orang dari agama yang berbeda melalui seni dan bertujuan menonjolkan seni dan budaya Islam,” tambahnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement