Muslim Kanada Ingin Jembatani Kesenjangan Soal Islam

Kamis , 21 Oct 2021, 13:15 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Muslim Kanada
Muslim Kanada

IHRAM.CO.ID, TORONTO -- Oktober adalah bulan sejarah warisan Islam di Kanada. Seorang anggota dewan sekolah Muslim London menggunakan kesempatan ini untuk mendidik siswa dan menghilangkan kesenjangan yang berkembang tentang Islam.

 

Terkait

“Ada kesenjangan besar dalam pengetahuan tentang Muslim dan sejarah mereka yang kaya di dunia, dan saya pikir ini dapat membantu dan mengenalkan Islam,” kata Nosheen Ahmad, orang tua di Dewan Sekolah Distrik Thames Valley (TVDSB) di London, ON, dilansir dari About Islam, Kamis (21/10).

Ahmad adalah anggota Tim Pendidikan Kesetaraan dan Inklusi di TVDSB, yang dibentuk untuk meningkatkan keterlibatan berbagai komunitas di seluruh jajaran. Ahmad kini sedang membuat buku panduan yang menyoroti hal sehari-hari, yang ditemukan oleh umat Islam sepanjang sejarah, termasuk kopi, parfum, mobil, dan banyak lagi yang akan dibagikan kepada siswa.

“Ini akan memberikan perspektif kepada siswa dan guru tentang 'dari mana barang-barang ini berasal, dan mengapa kita tidak pernah menyadari ini sebagai bagian dari sejarah kita?'” kata Ahmad.

“Salah satu hal yang terus saya dengar adalah 'kami tidak tahu bahwa barang-barang ini telah datang melalui peradaban Islam,' hanya dengan mengobrol singkat tentang hal itu bisa sangat membantu," ujarnya.

Tahun ini menjadi sangat penting bagi Ahmad karena tragedi kematian yang menewaskan empat anggota keluarga Afzaal. Di mana serangan tersebut dilandasi oleh kebencian terhadap muslim.

“Saya merasa seperti sebuah kegagalan di komunitas sekolah bahwa seseorang yang meninggalkan sekolah umum baru-baru ini tidak memiliki cukup cinta dan penerimaan di hati mereka, dan Islam tidak cukup dinormalisasi sehingga dia (terdakwa) merasa Muslim sangat berbeda, dan seolah pantas untuk diserang," kata Ahmad.

“Kami kehilangan kebaikan di masyarakat, dan menyedihkan bahwa kami harus mengajarkan empati di sekolah,” tambahnya.

Kanada setiap tahun merayakan Bulan Sejarah Islam di sepanjang bulan Oktober, dan fokus tahun ini adalah berbagi dan penyembuhan dari rasisme anti-pribumi dan Islamofobia.

Di seluruh negeri, komunitas menyelenggarakan sesi informasi, lingkaran penyembuhan bersama, mengundang masyarakat adat ke masjid, menyelenggarakan pameran seni, menyoroti seniman, dan mengadakan pertemuan lain yang relevan dan aman dari Covid-19.

Acara ini juga bertujuan untuk merayakan, menginformasikan, mendidik, dan berbagi dengan sesama warga Kanada tentang warisan dan kontribusi Muslim yang kaya bagi masyarakat. Ahmad berharap acara ini dapat menyatukan orang, mendobrak hambatan, dan memotong rasisme hingga ke akar-akarnya.

Muslim adalah komunitas agama yang tumbuh paling cepat di Kanada. Secara historis, populasi Muslim Kanada  meningkat sebesar 82 persen selama dekade terakhir dari sekitar 579 ribu pada 2001 menjadi lebih dari 1 juta pada 2011. Muslim mewakili 3,2 persen dari total populasi Kanada.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini