Saudi Mulai Penggalian Situs Bersejarah Zubala

Selasa , 26 Oct 2021, 20:33 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Penggalian arkeolog di situs Zubala dimulai
Penggalian arkeolog di situs Zubala dimulai

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Saudi memulai proyek penggalian situs bersejarah di seluruh wilayah kerajaan. Salah satu proyek yang akan dimulai situs bersejarah Zubala.

 

Terkait

 

Baca Juga

Adapun situs bersejarah Zubala terletak di selatan Kegubernuran Rafha, di Wilayah Perbatasan Utara. Situs bersejarah Zubala kerap disebutkan dalam beberapa sumber sejarah, stasiun utama bagi karavan perdagangan dan peziarah di rute ziarah Kufi, yang dikenal sebagai Jalur Zubayda.

Dilansir di Arab News, Selasa (26/10), proyek ini akan menggali salah satu jalur bersejarah. Sebelumnya, Menteri Kebudayaan Saudi Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan mengeluarkan pengumuman mengenai niat komisi melestarikan warisan budaya jalur tersebut, serta meluncurkan Program Jalur Zubayda.

Program ini akan meneliti dan mempublikasikan temuannya seputar situs bersejarah, serta meluncurkan proyek baru untuk menjelajahi jejaknya.

Stasiun di Jalur Zubayda ini mencapai puncak kemakmurannya selama era Abbasiyah. Sumber-sumber Arab awal mengutip lokasi ini sebagai pasar, sebuah benteng yang melindungi kota dan sebuah masjid.