Sabtu 30 Oct 2021 13:30 WIB

Deretan Hadiah untuk Juara Tafsir Alquran

Wagub Sumbar memberikan hadiah biaya pendidikan kepada juara pertama tafsir Alquran

Kafilah Sumatra Barat (Sumbar) Rusydi Haris Dwiputra juara di ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI 2021 tafsir Alquran cabang bahasa Arab.
Foto: Antara
Kafilah Sumatra Barat (Sumbar) Rusydi Haris Dwiputra juara di ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI 2021 tafsir Alquran cabang bahasa Arab.

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy memberikan hadiah biaya pendidikan kepada Rusydi Haris Dwiputra, kafilah Sumbar, peraih juara pertama cabang tafsir Alquran Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI 2021 di Maluku Utara.

"Secara khusus saya ingin memberikan apresiasi kepada ananda Rusydi Haris Dwiputra berupa biaya pendidikan hingga menyelesaikan sarjana serta uang bulanan," kata Audy, Sabtu (30/10).

Ia menyampaikan hal itu usai menerima kedatangan perwakilan rombongan dipimpin Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Pemprov Sumbar Syaifullah, ofisial kafilah STQ Sumbar Mulyadi Muslim dan Rusydi Haris. Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Sumbar itu memberikan selamat kepada Rusydi karena setelah meraih juara pertama pada STQ 2021 yang selanjutnya mewakili Indonesia di ajang internasional.

Menurut dia, cabang tafsir Alquran bahasa Arab paling bergengsi karena persyaratan yang terbilang ketat yaitu harus hafal Alquran  30 juz, menguasai bahasa Arab aktif, serta menguasai tafsir Alquran. Ia berharap, setelah ini akan muncul bibit baru yang akan mengharumkan nama Sumbar di kancah nasional.

Audy juga mengapresiasi kafilah Sumbar yang telah kembali dan berhasil meraih rangking 10 dari 34 provinsi. Ke depan, ia akan mendorong dilaksanakan STQ tingkat Sumbar sehingga kemampuan kafilah tetap bisa diasah dari waktu ke waktu.

Sebelumnya, Pemprov Sumbar juga memberikan hadiah berupa biaya haji, pembuatan rumah dan toko kepada Rusydi Haris atas prestasinya. Menanggapi hal itu, Rusydi Haris bersyukur atas prestasi yang diperolehnya. Ia lahir di Solok pada 28 Juni 2000 saat ini tercatat sebagai mahasiswa semester III Sastra Arab Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

Sosok yang hafal Alquran 30 juz sejak usia SMP tersebut, menempuh pendidikan SD di Solok, kemudian Darul Hufaz dan melanjutkan ke MAN 1 Solok. Anak kedua dari 10 bersaudara itu sejak awal optimistis bisa meraih kemenangan kendati tidak mematok target pada pelaksanaan STQ Nasional XXVI 2021 di Maluku Utara.

Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Pemprov Sumbar Syaifullah menyampaikan kafilah Sumatera Barat berhasil meraih peringkat 10 dari 34 provinsi yang berlomba pada ajang STQ Nasional XXVI 2021 yang digelar di Sofifi, Maluku Utara, 16-22 Oktober 2021.

Pada ajang STQ Nasional XXVI, kafilah Sumbar meraih juara pertama pada cabang tafsir Alquran  bahasa Arab atas nama Rusydi Haris Dwiputra, juara harapan dua pada cabang tilawah dewasa putra atas nama Dasrizal, juara harapan tiga pada cabang hifzhillima juz putri atas nama Fathiyah Arafah Afsyah, serta juara harapan pertama pada cabang tafsir bahasa Arab putri atas nama Fithri Mardiyah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement