Senin 01 Nov 2021 17:00 WIB

 Indonesia Kirim Imam Masjid ke Uni Emirat Arab

Indonesia mengirim imam masjid ke Uni Emirat Arab

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Masjid hijau atau masjid ramah lingkungan pertama terletak di Hatta, Dubai, Uni Emirat Arab.
Foto:

Husin menambahkan bahwa dirinya berharap melalui program kerja sama ini akan terjadi proses saling belajar dan berbagi pengalaman antara kedua negara dalam mempromosikan pemahaman keislaman yang moderat.

“Para Imam asal Indonesia dapat belajar bagaimana Islam dijalankan di PEA dengan penuh toleransi dan berkontribusi pada penciptaan perdamaian di masyarakat, tanpa menimbulkan gesekan-gesekan. Saat nanti kembali ke Indonesia, mereka bisa menerapkan dan mempromosikan hal yang sama “, ujar dia.

KBRI Abu Dhabi bekerja sama dengan Kementerian Agama RI akan terus berkoordinasi dengan Awqaf PEA untuk menyelenggarakan seleksi berikutnya. Awal Oktober 2021 lalu, Awqaf PEA telah melaksanakan seleksi calon imam di Jakarta. 

Dari 89 kandidat, telah terpilih 23 imam yang saat ini masih dalam proses penerbitan persetujuan dari otoritas terkait di PEA dan diharapkan dapat segera diberangkatkan pada bulan Desember 2021. Program pengiriman imam asal Indonesia ke PEA merupakan implementasi dari kesepakatan Presiden RI dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Syeikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan. Kedua pemimpin sepakat hingga akhir 2022, ditargetkan terdapat 200 imam asal Indonesia yang bertugas di PEA.

 

Keduanya juga direncanakan akan kembali bertemu pada 3 November 2021 di Abu Dhabi. Presiden Joko Widodo dijadwalkan tiba di Abu Dhabi pada Selasa malam, 2 November 2021, melakukan pertemuan bilateral pada 3 November, dan berkunjung ke Dubai pada 4 November untuk menghadiri perayaan Indonesia National Day and Cultural Performances di Expo 2020 Dubai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement