Selasa 02 Nov 2021 02:27 WIB

Pentingnya Menjalankan Amanah, Mengapa?

Kejujuran seorang Muslim sebetulnya akan menjadi alasan kebahagiaan untuk dirinya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Pemimpin yang amanah/ilustrasi
Foto: amazonaws.com
Pemimpin yang amanah/ilustrasi

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Allah SWT berfirman, "Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya, serta orang yang memelihara salatnya. Mereka itulah orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya." (QS Al-Mukminun ayat 8-11)

Dalam sebuah riwayat dari Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW bersabda, "Jaminlah enam hal untukku dari diri kalian, saya akan menjamin surga untuk kalian; jujurlah jika berbicara, tepatilah jika kalian berjanji, tunaikanlah amanat jika kalian diberikan amanat, jagalah kemaluan kalian, tundukkan pandangan kalian dan tahanlah tangan kalian." (HR Ahmad)

Baca Juga

Dalam riwayat lain dari Rahman bin Abi Qarad, Rasulullah SAW juga menyampaikan, siapa yang ingin mencintai Allah dan Rasul-Nya, atau ingin dicintai oleh Allah SWT dan Rasul-Nya, maka harus berkata jujur dan menjalankan amanah bila diberi amanah serta berbuat baik kepada sesama.

Dari berbagai dalil tersebut, menunjukkan bahwa kejujuran seorang Muslim sebetulnya akan menjadi alasan kebahagiaan untuk dirinya. Sedangkan jika ia menjalankan amanah yang diberikan kepada dirinya, maka akan mendapat keamanan di Hari Kiamat kelak.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement