Rabu 03 Nov 2021 13:29 WIB

Survei: Muslim AS Sumbang 4,3 Miliar untuk Amal

Muslim menjadi sebagai kelompok agama yang paling dermawan di AS.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah umat Muslim Amerika melaksanakan shalat
Foto: AP/Shafkat Anowar
Sejumlah umat Muslim Amerika melaksanakan shalat

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON – Sebuah studi terbaru yang dilakukan Muslim Philanthropy Initiative di Indiana University Lilly Family School of Philanthropy mengungkapkan Muslim AS memberikan sekitar 4,3 miliar dolar Amerika untuk amal pada tahun 2020. Nominal tersebut membuat Muslim sebagai kelompok agama yang paling dermawan di AS.

Studi yang berjudul Muslim American Giving 2021 dan didanai oleh Islamic Relief USA (IRUSA) dilakukan pada 17 Maret hingga 7 April dengan jumlah 2.005 responden yang terdiri 1.003 Muslim dan 1.002 non-Muslim. Studi tersebut menunjukkan meskipun hanya 1,1 persen dari populasi AS, Muslim berkontribusi dalam beragam kampanye.

Baca Juga

Muslim Amerika memberi lebih banyak uang dengan rata-rata 3.241 dolar Amerika dibandingkan dengan populasi umum 1.905 dolar Amerika. “Kami selalu tahu Muslim Amerika sangat murah hati dan dermawan. Amal adalah pilar utama dalam iman Islam dan mengakar kuat ke dalam cara hidup kita,” kata Kepala Eksekutif Islamic Relief USA Sharif Aly.

Aly menyebut studi terbaru menyoroti kontribusi Muslim yang signifikan untuk membantu masyarakat, baik dalam maupun luar negeri. Menurut penelitian, sebagian besar sumbangan Muslim diberikan untuk tujuan domestik dengan 15 persen dari kontribusi mereka untuk kampanye internasional.

Selain sumbangan, sukarelawan Muslim Amerika pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada non-Muslim dengan 66,61 jam dikhususkan untuk kampanye berbasis agama dan 45,93 jam untuk kampanye non-agama.

“Muslim Amerika berperan penting dalam membuat dunia dan bangsa kita lebih baik meskipun menghadapi prasangka, pengawasan yang lebih ketat dan memiliki sumber daya yang lebih sedikit,” kata Asisten Profesor Studi Filantropi dan Direktur Muslim Philanthropy Initiative di Lilly Family Shariq Siddiqui, dilansir About Islam, Rabu (3/11).

Meski begitu Siddiqui menyebut masih ada kekurangan dalam penelitiannya yang berbasis data tentang pemberian Muslim di AS. “Penting untuk lebih memahami bagaimana dan mengapa Muslim Amerika mudah memberi,” ujar dia.

Sebagai salah satu dari rukun Islam, zakat atau sedekah adalah kewajiban agama bagi semua umat Islam yang memenuhi kriteria kekayaan yang diperlukan. Ini adalah sumbangan amal wajib, hak orang miskin untuk mendapatkan bantuan dari orang kaya dan dianggap sebagai pajak atau sedekah wajib. Syariah Islam juga memiliki jenis lain dari sumbangan opsional yang disebut sadaqah. Istilah ini digunakan dalam Alquran dan sunnah untuk zakat dan amal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement