Wapres Wisata Sejarah ke Tugu MacAthur

Sabtu , 06 Nov 2021, 18:07 WIB Reporter :Fauziah Mursid/ Redaktur : Muhammad Hafil
Wapres Wisata Sejarah ke Tugu MacAthur
Wapres Wisata Sejarah ke Tugu MacAthur

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin menutup kunjungannya ke Papua dengan menyempatkan wisata sejarah ke Tugu MacArthur, Sabtu (6/11). Tugu MacArthur yang terletak di atas Gunung Ifar dan berjarak sekitar 15 menit dari Bandara Sentani atau 1 jam dari Kota Jayapura itu menarik perhatian Wapres.

 

Terkait

Dalam rilis Sekretariat Wakil Presiden, Wapres menggunakan batik warna coklat senada dengan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin mengunjungi tugu MacArthur dipandu oleh Ondoafi atau Pimpinan Adat Pendeta Abihud Yakadewa.

Baca Juga

Pendeta Abihud menjelaskan kepada Wapres tentang Tugu MacArthur yang berbentuk segi lima bercat warna kuning dan hitam, serta terdapat tulisan sejarah tugu tersebut.

Ia juga menjelaskan dengan rinci jika Tugu MacArthur didirikan oleh pasukan sekutu di bawah komando Jenderal MacArthur saat perang melawan fasisme Jepang pada Perang Dunia II.

"Jenderal Douglas MacArthur adalah seorang jenderal bintang 5 yang meninggal dunia pada 5 April 1964 dalam usia 84 tahun," katanya.

Setelah mendengar penjelasan tentang sejarah MacArthur, Wapres dan Ibu Wury duduk santai di kursi yang menghadap panorama Danau Sentani dari Puncak Gunung Ifar. Sesekali Wapres menggunakan teropong untuk melihat keseluruhan panorama dari kejauhan.

Usai menikmati panorama Sentani, Wapres dan Ibu beranjak ke Bandara Sentani untuk kembali ke Jakarta. Kunjungan Maruf ke Papua kali ini adalah untuk membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua yang digelar Jumat (5/11) malam di Stadion Mandala Jayapura Papua.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini