Senin 08 Nov 2021 16:22 WIB

Karakter Muslim dalam Film: Asing, Menindas, dan Kejam

Karakter Muslim dalam film distereotipkan asing, menindas, dan kejam.

Rep: Mabruroh, Rossi Handayani, Umar Muktar/ Red: Agung Sasongko
Riz Ahmed
Foto:

6. 'Theeb' (2014)

Aktor dalam film ini adalah Jacir Eid Al-Hwietat, Hussein Salameh Al-Sweilhiyeen, dan Hassan Mutlag Al-Maraiyeh. Dirilis pada awal 1900-an, film ini menceritakan seorang bocah Badui yatim piatu bernama Theeb, yang berjuang untuk bertahan hidup dalam perjalanan panjang melintasi gurun Wadi Rum.

Film dewasa, yang dinominasikan untuk Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, mencakup penggambaran yang kuat dan otentik tentang nilai-nilai dan budaya Muslim.

7. 'The Furnace' (2020)

Pemainnya adalah Ahmed Malek, Kaushik Das, Baykali Ganambarr, dan Noah Skape. Drama Australia Barat ini menceritakan kisah mendebarkan Hanif (Malek), seorang penunggang unta Afghanistan yang bergabung dengan seorang pria misterius untuk mendapatkan emas batangan bertanda Mahkota yang dicuri ke tungku rahasia.

Mereka dapat menghapus prangko dan membuatnya tidak bisa dilacak. Malek memainkan karakter yang kompleks dan simpatik.

photo
Film Ali. - (Sony Pictures Releasing)

8. 'Ali' (2001)

Will Smith adalah aktor utama pada film ini, selain Jamie Foxx, Jon Voight, dan Mario Van Peebles. Smith berperan sebagai petinju legendaris Muhammad Ali dalam drama olahraga yang menarik ini, yang merinci kemenangan kejuaraan kelas beratnya, konversinya ke Islam, dan pandangan politiknya yang kontroversial.

Sama mengesankannya dengan penampilannya, yang benar-benar bersinar adalah pendekatan film tersebut terhadap praktik umum Muslim dan pernikahan beda agama. 

9. 'The Big Sick' (2017)

Pemainnya adalah Kumail Nanjiani, Zoe Kazan, Holly Hunter, Ray Romano, dan Adeel Akhtar. Terinspirasi oleh kisah nyata tentang bagaimana Nanjiani bertemu istrinya, The Big Sick mengisahkan seorang calon komedian India-Amerika yang jatuh cinta pada seorang mahasiswa psikologi kulit putih.

Tetapi ketika dia sakit parah, keduanya harus menghadapi bentrokan budaya antara keluarga mereka. Rom-com ini tidak hanya menggambarkan seorang Muslim-Amerika dengan cara yang lucu dan otentik, tetapi juga membuktikan bahwa Islam bukanlah sebuah monolit.

10. 'Robin Hood: Prince of Thieves' (1991)

Aktornya ialah Kevin Costner, Morgan Freeman, Christian Slater, dan Alan Rickman. Performa Costner sebagai pahlawan utama mungkin biasa-biasa saja. Dan banyak yang merasa bermasalah karena penggambaran Freeman tidak 100 persen akurat. Namun, film ini terasa memberi gambaran positif dari komunitas Muslim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement