Rabu 10 Nov 2021 07:15 WIB

 Mengenal Keluarga Imam Bukhari

Imam Bukhari dikenal dengan karya-karyanya di bidang hadist

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Makam Imam Bukhari
Foto: Uttiek M Panji Astuti
Makam Imam Bukhari

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Badhdizbah atau yang biasa dikenal dengan nama Imam Bukhari merupakan seorang maestro hadis. Melihat sepak terjang beliau, perli kiranya umat Islam untuk mengenal lebih jauh tentang keluarga Imam Bukhari.

Imam Bukhari dikenal dengan karya-karyanya di bidang hadist dengan cara mencari ilmu ke berbagai tempat dan guru. Mohammed Nabiel dalam buku Al-Bukhari dan Metode Kritik Hadis menyampaikan tentang profil keluarga Imam Bukhari satu per satu.

Baca Juga

Pertama, ayah Imam Bukhari. Ayahnya bernama Abu Al-Hasan Ismail bin Ibrahim bin Mughirah. Ia dikenal sebagai ahli hadis. Ibnu Hibban mencantumkan biografinya dalam kitab As-Siqot. Ibnu Hibban juga mengatakan bahwa Ismail bin Ibrahim merupakan orang tua Al-Bukhari masuk dalam thabaqot keempat.

Beliau mengambil periwayatan dari Hammad bin Zayd, Jafar Al-Baikandi, dan Malik. Begitu juga para penduduk Irak mengambil periwayatan darinya. Imam Bukhari sendiri menyebut nama ayahnya dengan sebutan Ismail bin Ibrahim dalam Tarikh Al-Kabir.

 

Kedua, ibu Imam Bukhari. Ibunda Imam Bukhari dinilai sebagai wanita yang taat dalam beribadah, mustajab ad-dakwah, dan memiliki karomah. Disebutkan bahwa ketika Imam Bukhari masih kecil dan mengalami kebutaan, sejak saat itu tiada hari bagi ibunda Imam Bukhari kecuali bermunajat dengan doa-doanya.

Hingga pada suatu malam ibunya bermimpi bertemu dengan Nabi Ibrahim AS, beliau berkata, “Allah SWT telah mengembalikan penglihatan anakmu karena engkau sering menangis dalam doamu,”.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement