Rabu 10 Nov 2021 07:15 WIB

 Mengenal Keluarga Imam Bukhari

Imam Bukhari dikenal dengan karya-karyanya di bidang hadist

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Makam Imam Bukhari
Foto:

Saat pagi harinya, Allah SWT benar-benar mengembalikan penglihatan Imam Bukhari. Terkait nama sang ibunda, belum ada sejarawan Muslim yang mencatatkan nama ibunda beliau.

Ketiga, kakek Imam Bukhari. Nama kakek Imam Bukhari adalah Ibrahim bin Al-Mughirah. Namun sosoknya hanya diketahuo sebatas namanya saja, bahkan tidak ada satu pun riwayat tentang kakek Imam Bukhari yang sampai pada umat Islam saat ini. Terutama tentang bagaimana kehidupan serta kredibilitas keilmuan yang dimilikinya.

Keempat, buyut Imam Bukhari. Buyut Imam Bukhari bernama Al-Mughirah yang mulai masuk Islam pada masa kepemimpinan Al-Yaman Al-Ju’fi. Al-Yaman Al-Ju’fi adalah buyut dari Abdullah bin Muhammad bin Jafar bin Yaman Al-Bukhari Al-Ju’fi.

Kelima, ayah buyut Imam Bukhari. Para ahli sejarah telah mencatat bahwa terkait nama kakek Al-Bukhari yang ketiga, terdapat banyak riwayat yang berbeda. Ada yang menyebut Bardizbah, Badhdizbah, dan Bardizabah. Nama yang terakhir lebih disepakati oleh ahli sejarah dibandingkan dua nama sebelumnya.

Sedangkan Badhdizbah merupakan dialek bahasa Bukhara yang memiliki arti petani (al-zarra) dalam bahasa Arab. Buyut Imam Bukhari bernama Bardizbah merupakan putra dari Badhidhbah seperti yang disampaikan Al-Subki.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement