Rabu 10 Nov 2021 13:11 WIB

Ribuan Koin Kuno Islam  Ditampilkan di Louvre Abu Dhabi

Ribuan Koin Kuno Islam  Ditampilkan di Louvre Abu Dhabi

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Ribuan Koin Kuno Islam  Ditampilkan di Louvre Abu Dhabi
Foto: The National News
Ribuan Koin Kuno Islam  Ditampilkan di Louvre Abu Dhabi

IHRAM.CO.ID,ABU DHABI—Louvre Abu Dhabi bersikap menghadirkan lebih dari 2.800 koin perak Islami kuno yang langka. Proyek pengumpulan yang telah dilakukan selama dua tahun itu akan disebut sebagai Hoard of Jazira, dan fokus pada koleksi koin Islam abad pertengahan yang berasal dari masa pemerintahan Raja Shapur II (309-379 M) hingga Khalifah Abbasiyah Al Ma’mun (813-833 M).

Museum akan menampilkan 2.861 koin perak yang diproduksi di benua Eurasia, termasuk mata uang dari dinasti Umayyah dan Abbasiyah. Ada juga 67 koin tunggal tambahan, dalam emas atau paduan emas, yang dibuat dari abad keenam hingga ke-16 di wilayah Eurasia dan cekungan Mediterania.

Baca Juga

Louvre Abu Dhabi mengumpulkan koin sejak 2019 dari seorang kolektor pribadi di Eropa yang identitasnya belum terungkap. Sebagai bagian dari proyek, museum telah mempelajari dan memulihkan koin sebelum memasangnya untuk dipajang. Prosesnya termasuk menimbang koin, mendokumentasikan diameter dan ketebalannya, serta mengidentifikasi logam yang digunakan dan memeriksa desain pergeseran dengan cermat. Sebuah tim pemulih juga telah bekerja untuk menghilangkan goresan dan bahan korosif pada koin

Theofanis Karafotias, yang memimpin konservasi preventif di Louvre Abu Dhabi, mengatakan, “Koin-koin itu tidak hanya dilestarikan oleh museum tetapi juga didokumentasikan dan didigitalkan sehingga dapat dipelajari lebih detail. Kami harus memutuskan bagaimana cara menghemat setiap koin di antara ribuan, apakah [menggunakan] bahan kimia, rendaman ultrasonik, atau air suling sederhana, dengan mempertimbangkan perawatan mana yang akan menjadi cara terbaik, paling tidak mengganggu untuk mengungkapkan wajah setiap koin, katanya.

 

Karafotias mengatakan, arti penting dari koin terletak pada cara mereka mengungkapkan perubahan politik dalam sejarah regional, termasuk nilai yang ditempatkan pada logam mulia selama berbagai periode, serta bagaimana simbol pada koin bergeser ketika kekhalifahan Umayyah berusaha untuk membangun mata uang Islam tunggal.

Memimpin kurasi Hoard of Jazira, Guilhem Andre, kepala kurator di Louvre Abu Dhabi, menjelaskan bagaimana koin tidak hanya berfungsi sebagai alat penelitian yang berharga, tetapi juga sebagai penanda nyata perkembangan ekonomi dan pergeseran kekuasaan dan geografi. pada saat itu.

“Tampilan ini akan menampilkan sejarah moneter global. Ini menyoroti perdagangan, pertukaran budaya dan dinamika politik mengungkapkan ekonomi dunia yang saling berhubungan antara wilayah yang jauh. Ini membuktikan kelahiran mata uang Islam dan evolusinya,” katanya.

“Drachma Sasania, dirham Umayyah, koin perak Abbasiyah, di samping solidus emas Bizantium, koin emas Genoa dan Venesia, dan banyak lagi akan membuktikan bagaimana koin sederhana dapat menggambarkan hubungan kekuasaan dan persaingan di antara kerajaan yang bersaing dan berkembang dengan baik, seiring munculnya pusat perdagangan utama.”

Museum ini juga memamerkan Wadah wudhu dari abad ke-14 yang terbuat dari paduan tembaga bertatahkan perak yang dipercaya berasal dari suatu tempat di perbatasan Mesir dan Suriah, menjadi contoh utama keahlian tangan dari era Kesultanan Mamluk, sebuah negara independen terakhir di Mesir sebelum pendirian Dinasti Muhammad Ali pada 1805. Wadah itu menyertakan kaligrafi Arab tebal di dinding bagian dalam wadah, sedangkan di luarnya terdapat ukiran bunga teratai yang banyak digunakan dalam seni Tiongkok. 

Pameran ini menampilkan peninggalan yang membuktikan hubungan erat antara dunia Arab dengan China, yang disimbolkan dengan Dragon dan Phoenix.

Phoenix dan naga, yang merupakan representasi permaisuri dan kaisar dalam ikonografi kekaisaran Tiongkok dan mulai muncul dalam dekorasi Timur Islam. Di antara yang menarik dari bagian ini adalah cangkir emas dengan pegangan berbentuk naga, dibuat beberapa waktu selama pemerintahan dinasti Yuan di abad ke-13. Karya seni diatur di samping variasi yang lebih besar dan lebih bulat yang terbuat dari batu giok hitam, dilengkapi pegangan dengan ukiran naga. Karya ini berasal dari Asia Tengah atau Iran dan berasal dari paruh kedua abad ke-15.

Bagian ini juga menunjukkan kerajinan Cina yang khusus dibuat untuk pasar Islam. Ini termasuk piring saji porselen abad ke-14 yang besar, yang dihiasi dengan geometri yang sering ditemukan dalam desain Islam. Wadah dan piring berkepala Phoenix dengan hiasan ikan juga membawa kisah kerajinan lintas budaya, di mana tembikar Cina, yang terinspirasi oleh Timur Tengah, mulai menggunakan oksida tembaga untuk mewarnai glasir pirus tembus cahaya, menjaga hiasan di bawahnya tetap terlihat.

Usaha komersial antara Cina dan dunia Islam pertama kali dipromosikan pada abad ke-15 ketika Dinasti Ming memperkuat kekuasaannya atas Asia Timur. Awalnya, pengaruh Cina pada seni Timur Islam dibawakan dalam tema pertempuran antara binatang-binatang fantastik, seekor hewan chimerical berapi-api yang dikenal sebagai qilin adalah contoh khasnya, banyak ditemukan dalam ilustrasi dan brokat di seluruh pameran.

Sumber

 

https://www.thenationalnews.com/arts-culture/art/2021/11/09/louvre-abu-dhabi-to-unveil-2800-rare-and-restored-islamic-coins/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement