Senin 15 Nov 2021 14:34 WIB

Muslimah Pilih Jurusan Drama dan Akting, Bolehkah?

Semakin banyak muslim dan muslimah yang tertarik dalam seni peran.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Muslimah
Foto:

Dilansir di aboutislam.net, Dosen senior dan cendekiawan Islam di Institut Islam Toronto, Ontario, Kanada, Syekh Ahmad Kutty mengatakan drama adalah sebuah media. Seperti media lainnya, drama dapat digunakan untuk tujuan yang baik seperti mempromosikan kebajikan dan mencegah kejahatan. Atau, seperti yang dilakukan banyak orang, drama juga dapat digunakan untuk mempromosikan kejahatan dan korupsi di masyarakat.

Jadi, jika seorang muslimah berakting dalam sebuah drama dan perannya bersih dan bebas dari segala bentuk pornografi dan sesuai dengan pedoman etika Islam dalam hal interaksi pria dan wanita maka tidak ada yang salah tentang itu. Bahkan bisa jadi muslimah ini mendapatkan manfaat dari hal ini. 

"Kita harus tahu bahwa wanita pada masa Nabi Muhammad (saw) adalah bagian dari masyarakat yang aktif.  Mereka memberi kuliah, mengajar orang, membacakan puisi, berpartisipasi dalam pertempuran,"ujar dia.

Oleh karena itu, janganlah terburu-buru untuk mengutuk mereka yang menggunakan media untuk memproyeksikan pesan-pesan positif dan etis atau mempromosikan kebajikan dan keindahan Islam. Islam mendorong setiap orang untuk menjadi kreatif dengan mengembangkan bakat yang diberkahi Allah SWT dan unggul dalam melakukannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement