Selasa 16 Nov 2021 01:50 WIB

Saudi akan Dirikan Kota Nirlaba Pertama di Dunia

Kota tersebut akan menjadi model untuk pengembangan sektor nirlaba secara global.

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman
Foto: EPA/SAUDI ROYAL COURT
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengumumkan pendirian kota nirlaba pertama di dunia yang ada di negara itu pada Ahad (14/11). Kota tersebut akan menjadi model untuk pengembangan sektor nirlaba secara global. Ini sekaligus menjadi inkubator bagi kelompok pemuda dan sukarelawan, serta lembaga nirlaba lokal dan internasional.

“Ini akan menjadi kota nirvana pertama dari jenisnya, yang berkontribusi untuk mencapai tujuan Misk Foundation dalam mendukung inovasi, kewirausahaan, dan pemimpin masa depan,” ujar Mohammed dalam sebuah pernyataan, dilansir Arab News, Senin (15/11).

Lebih lanjut, kota tersebut juga akan memenuhi syarat mendefinisikan pekerjaan nirlaba dalam konser operasional internal. Ini termasuk dalam hal peluang dan program pelatihan pemuda yang juga disediakan.

Selain itu, proyek kota nirlaba tersebut juga disebut akan memberi layanan yang berkontribusi untuk mencpitakan lingkungan yang menarik bagi semua penerima manfaat dari facilitas di sana. Kota akan berlokasi di lingkungan Irqah, berdekatan dengan Wadi Hanifa, di atas area sekitar 3,4 kilometer persegi.

Di kota nirvana tersebut, akan ada Musk Schools yang merupakan perguruan tinggi, sekaligus pusat conference, museum sains, dan pusat keratin. Ini akan menawarkan ruang untuk mendukung ambisi para inovator dalam sains dan teknologi terbaru, seperti Kecerdasan Buatan (AI), IoT, dan Robotika.

Selain itu, Kota Nirlaba yang digagas Mohammed juga akan menjadi tuan rumah bagi perusahaan modal ventura dan investor. Tujuannya adalah guna mendukung dan menginkubasi perusahaan inovatif untuk mendorong kontribusi masyarakat dari seluruh dunia.

Kota nirlaba juga bertujuan mewujudkan kota metropolitan digital yang canggih, namun juga akan ramah bagi pejalan kaki. Lebih dari 44 persen dari total area ruang terbuka hijau dialokasikan untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan.

Pendirian kota tersebut sejalan dengan tujuan menciptakan sistem bakat pemuda Arab Saudi yang dinamis untuk membentuk masa depan negara kerajaan itu dan dunia.  Dalam hal ini termasuk dengan mendorong pembelajaran dan pengembangan keterampilan kepemimpinan di kalangan generasi muda.

Rincian seputar fase pengembangan dan kemajuan Kota Nirlaba oleh Mohammed akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement