Selasa 16 Nov 2021 21:30 WIB

Amal Perbuatan Menentukan Derajat Manusia

Masing-masing manusia memiliki tingkatan atau derajat sesuai amal perbuatan mereka.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menjelaskan bahwa masing-masing manusia memiliki tingkatan atau derajat sesuai amal perbuatan mereka. Allah SWT tidak akan lengah terhadap segala yang dikerjakan makhluk-Nya untuk menentukan derajat mereka. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-An'am Ayat 132.

وَلِكُلٍّ دَرَجٰتٌ مِّمَّا عَمِلُوْاۗ وَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُوْنَ

Baca Juga

Dan masing-masing orang ada tingkatannya, (sesuai) dengan apa yang mereka kerjakan. Dan Tuhanmu tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan. (QS Al-An'am: 132).

Maksud ayat 132 ini, masing-masing orang ada yang beramal untuk ketaatan dan ada pula yang senantiasa bermaksiat kepada Allah, mereka akan memperoleh balasan sesuai dengan tingkatannya, yaitu sesuai dengan apa yang mereka kerjakan. Tuhanmu, wahai Nabi Muhammad tidak lengah terhadap apa yang mereka, yakni hamba-hamba-Nya kerjakan.

 

Tafsir Kementerian Agama menerangkan, pada ayat ini Allah menerangkan bahwa masing-masing jin dan manusia yang telah mendapatkan seruan Rasul, akan mendapat derajat dan tingkatan yang sesuai dengan amal perbuatannya.

Orang yang beriman, bertakwa dan mengerjakan amal saleh akan mendapat derajat dan tingkatnya sesuai dengan tebalnya iman, kuatnya takwa dan banyaknya amal saleh yang dikerjakan seperti derajat para Nabi, shiddiqin (orang-orang yang benar keyakinannya dalam hidup mereka), syuhada' (para kesatria dan pahlawan) dan shalihin (orang-orang yang soleh).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement