Rabu 17 Nov 2021 01:35 WIB

Masjidil Haram Kini Dilengkapi Robot dengan 11 Bahasa

Robot AI akan berkeliling masjid dan membantu menjawab pertanyaan jamaah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Masjidil Haram Luncurkan Robot AI Berbicara 11 Bahasa
Foto: The National
Masjidil Haram Luncurkan Robot AI Berbicara 11 Bahasa

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH -- Jamaah haji dan umroh yang mengunjungi Masjidil Haram kini bisa mendapatkan bimbingan dari pemandu robot roda empat baru.

Dilansir dari laman The National News pada Selasa (16/11), dengan tampilan layar sentuh 21 inci, robot AI akan berkeliling masjid dan membantu menjawab pertanyaan atau memberikan panduan tentang berbagai ritual wajib yang harus dilakukan para jamaah. Adanya sistem penghentian cerdas akan mencegah mereka menabrak orang atau objek.

Baca Juga

Untuk kemudahan komunikasi, robot juga berbicara 11 bahasa. Ini termasuk Cina, Rusia, Inggris, Prancis, Persia, dan Turki. Bahkan robot dapat membantu menghubungkan mereka dengan syekh dan ulama dalam bahasa yang berbeda.

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci menyatakan, itu bertujuan untuk mengembangkan dan merevolusi tingkat serta kemudahan layanan yang ditawarkan kepada umat beriman selama kunjungan ke Mekah.

 

Kehadiran pemandu robot baru bukan satu-satunya bantuan otomatis di Masjidil Haram di Makkah. Ada juga robot pembersih otomatis untuk mensterilkan tempat dan dengan demikian membantu mencegah penyebaran pandemi Covid-19.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement