Selasa 16 Nov 2021 22:30 WIB

Industri Produk Halal Butuh Riset Berkualitas

Kehadiran halal center di perguruan tinggi merupakan salah satu faktor penting

Rep: Fauziah Mursid, Lida Puspaningtyas,/ Red: Agung Sasongko
Seorang perempuan tengah memeriksa sampel darah di sebuah laboratorium (ilustrasi)
Foto: antara
Seorang perempuan tengah memeriksa sampel darah di sebuah laboratorium (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Oleh: Fauziah Mursyid, Lida Puspaningtyas

Infrastruktur laboratorium dan ilmu pengetahuan yang dimiliki perguruan tinggi dinilai dapat mendukung pengembangan inkubasi bisnis produk halal. Karenanya, kerja sama pusat halal perguruan tinggi dengan pelaku industri dinilai perlu diperkuat agar seluruh proses inkubasi yang dijalani dapat terintegrasi.

Baca Juga

“Universitas perlu memperkuat kolaborasi dengan pelaku industri agar dari proses hulu ke hilir semakin terintegrasi,” katanya  saat meresmikan Universitas Indonesia Halal Center (UIHC) di Gedung Institute for Advancement of Science Technology and Humanity (IASTH) Universitas Indonesia, Jalan Salemba Raya, Jakarta, Kamis (11/11).

photo
Biaya pembuatan sertifikat halal produk. - (Tim Infografis Republika.co.id)

Wapres mengungkap memajukan sektor industri produk halal tentu tidak bisa dilepaskan dari peran perguruan tinggi. Selain dituntut untuk melahirkan SDM yang berkualitas dan ahli di bidangnya, universitas juga memiliki tanggung jawab menghasilkan riset-riset yang berkualitas, termasuk riset-riset dalam industri produk halal.

Karena itu, kehadiran halal center di perguruan tinggi merupakan salah satu faktor penting untuk memajukan sektor industri produk halal dalam negeri. Apalagi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat muslim menggunakan produk halal semakin tinggi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement