Rabu 17 Nov 2021 08:21 WIB

Bandara Saudi akan Beroperasi Penuh dengan Energi Terbarukan

GACA memastikan operasi yang ramah lingkungan di bandara

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Warga Arab Saudi di bandara.
Foto: Arab News/Basher Saleh
Warga Arab Saudi di bandara.

IHRAM.CO.ID, DUBAI — Otoritas Umum Penerbangan Sipil Saudi (GACA) berencana untuk memberi daya pada beberapa bandara dengan energi terbarukan. GACA juga berencana untuk menerapkan Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation (CORSIA).

Dilansir dari Saudi Gazette, GACA mengidentifikasi rencana untuk merangsang investasi di pesawat terkemuka dunia dengan efisiensi tinggi selama sesi keberlanjutan penerbangan di Dubai Air Show. GACA mengungkapkan selama partisipasinya di Airshow bahwa strategi sektor penerbangan sipil akan menyaksikan peluang investasi besar senilai miliaran dolar untuk sektor swasta pada 2030.

Baca Juga

Dalam kertas kerja yang disampaikan pada konferensi oleh Direktur Strategi GACA, Eng. Mohammed Alkhuraisi, menegaskan niat GACA untuk mengadopsi serangkaian inisiatif dan program yang memastikan operasi yang ramah lingkungan.

"Ini termasuk memperbaiki rute penerbangan, prosedur operasi dan pergerakan tanah, dan penerapan Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation (CORSIA)," kata Alkhuraisi, dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (17/11).

Ini selain membentuk kembali langit Saudi dengan cara yang memastikan tingkat efisiensi dan efektivitas tertinggi, dan bahwa semua upaya ditujukan untuk mengembangkan pengalaman pelancong.

Arab Saudi ingin membawa keramahannya yang terkenal di dunia bisa sampai ke langit dengan meningkatkan upayanya untuk menjadi nomor 1 dalam penerbangan di kawasan Timur Tengah pada tahun 2030. GACA juga menempatkan pelancong di atas prioritasnya.

Selama partisipasi GACA dalam Dubai Airshow, otoritas menegaskan bahwa perjalanan udara adalah pengalaman pertama dan terakhir bagi para pelancong. Karenanya GACA akan menciptakan pengalaman yang tidak tertandingi bagi para pelancong sebagai bagian dari strateginya untuk sektor penerbangan.

Sebuah sektor yang akan menyaksikan investasi besar di semua titik kontak untuk penumpang, yang meliputi bandara, maskapai penerbangan, pesawat dan fasilitas.

Asisten Presiden untuk Kebijakan Ekonomi dan Transportasi Udara di GACA, Ali Rajab menekankan di salah satu sesi konferensi bahwa keramahan Saudi di darat dan di udara semakin diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Rencana ini pun, menurutnya akan dicapai melalui pembentukan hub penerbangan regional di Arab Saudi, di mana bandara di seluruh Kerajaan mendapat manfaat dari rekor investasi untuk mengembangkan fasilitas dan meningkatkan aksesibilitas.

“Melalui Visi 2030, dan strategi kami, kami akan menyaksikan peningkatan lalu lintas untuk menampung 330 juta penumpang setiap tahun (tiga kali lipat dari level saat ini) dengan layanan di level tertinggi," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement