Senin 22 Nov 2021 19:19 WIB

Cara Warkinah Berbagi dengan Mereka yang Kesulitan

Dengan menggunakan gerobak, dia menyediakan bubur kacang hijau secara gratis.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agung Sasongko
Bubur Kacang Hijau
Foto: Pinterest
Bubur Kacang Hijau

IHRAM.CO.ID,  CIREBON -- Warkinah (43), Guru honorer di SMPN 2 Suranenggala Kabupaten Cirebon memulai Kegiatan Jumat Berkah sejak April 2019. Baginya, masa sulit selama pandemi tak berhenti untuk terus menggiatkan literasi sekaligus berbagi meringankan beban mereka yang kesulitan.

Dengan menggunakan gerobak, dia menyediakan bubur kacang hijau secara gratis setiap hari Jumat. Ada sekitar tiga kilogram kacang hijau yang disiapkan Warkina untuk sekali kegiatan Jumat Berbagi. Setiap Jumat mulai pukul 06.30 WIB – 10.00 WIB, atau sampai bubur kacangnya habis, gerobak bubur kacang hijaunya siap melayani siapapun.

Baca Juga

Warkina biasanya ‘memarkirkan’ gerobak kacang hijaunya di pinggir jalan raya yang ramai di sekitar Kecamatan Suranenggala. Tukang becak, sopir angkot, pejalan kaki maupun warga setempat, menjadi konsumen bubur kacang hijaunya. Terkadang, dia juga melakukan kegiatan tersebut di panti asuhan.

Semangat berbagi kepada sesama yang dimiliki Warkina memang sangat tinggi. Dengan honor sebagai guru honorer yang hanya Rp 400 ribu – Rp 600 ribu per bulan, ditambah harus menafkahi istri dan tiga anak, sebenarnya sulit baginya untuk menyediakan kacang hijau secara rutin setiap Jumat.

 

Namun, dengan keikhlasan dan ketulusan, Warkina tak pernah berhenti untuk terus berbagi. Meski di saat yang bersamaan, keluarganya juga membutuhkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

‘’Alhamdulillah, ada saja yang memberikan sumbangsih. Saya juga dibantu oleh relawan,’’ kata Warkina kepada Republika, Senin (22/11).

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement