Muslim Bradford akan Bangun Masjid di Lahan Bekas Bar

Selasa , 23 Nov 2021, 20:02 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid di Inggris. Ilustrasi
Masjid di Inggris. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, HEATON -- Rencana pembangunan sebuah masjid di lokasi bekas bar yang telah lama terbelengkalai telah disetujui oleh Dewan Bradford. Pub Fountain yang berlokasi di Heaton, Inggris ini telah ditinggalkan selama bertahun-tahun dengan berbagai rencana pembangunan kembali yang hingga kini gagal membuahkan hasil.   

 

Terkait

Pada Kamis (18/11) anggota Dewan Komite Peraturan dan Banding Jamia Usmania menyetujui rencana untuk menghancurkan pub dan membangun masjid dan pusat komunitas di lokasi tersebut. Usmania mengatakan, masjid tersebut akan menggantikan masjid yang sudah ada di 394 Heaton Road, tidak jauh dari lokasi pub. Ketika masjid baru berdiri, maka masjid lama akan difungsikan sebagai madrasah. 

Baca Juga

Masjid rencananya akan memiliki sebuah kubah dan menara, begitu juga tempat parkir untuk 24 mobil. Petugas perencanaan Ross Hallam mengatakan bahwa bangunan bekas pub saat ini dalam "keadaan rusak" dan sebagian besar atapnya telah hilang.

Sementara , petugas pengatur lalu lintas menyuarakan kekhawatiran terjadinya penumpukan kendaraan di jalan-jalan sekitar masjid. Selain itu, ada sekitar 12 ungkapan keberatan lain atas rencana tersebut, namun ada pula sekitar 29 surat dan petisi yang telah ditandatangani oleh 125 orang yang menyuarakan dukungan pembangunan masjid. 

Pada pertemuan tersebut Anggota Dewan Heaton Nussrat Mohammed (Lab, Heaton) mengatakan, “Kami memiliki populasi muda di Heaton dan ada banyak keluarga muda. Kami membutuhkan fasilitas seperti ini.”