Sejarah Rumah Zenel, Rumah Khas Belanda Tertua di Jeddah

Selasa , 23 Nov 2021, 21:31 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Muhammad Hafil
Sejarah Rumah Zenel, Rumah Khas Belanda Tertua di Jeddah
Sejarah Rumah Zenel, Rumah Khas Belanda Tertua di Jeddah

IHRAM.CO.ID, JEDDAH—Desa bersejarah Jeddah meresmikan pameran ‘Rumah Belanda, Sejarah Bersama’ yang dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri Belanda Thijs Van Der Plas dan staf Program Jeddah Bersejarah. Pameran yang diselenggarakan dengan dukungan Program Jeddah Bersejarah ini menyoroti sejarah Rumah Zenel, rumah khas Belanda, yang merupakan salah satu bangunan beton tertua di Jeddah. Rumah itu terdiri dari dua ruangan yang dulunya difungsikan sebagai Konsulat Belanda.

 

Terkait

Rumah yang berusia hampir seabad ini masih menyimpan foto-foto pajangan dan dokumenter masa lalu yang menggambarkan komunitas Hijazi dan gambaran kehidupan sehari-hari mereka yang sederhana di awal abad terakhir. Pada 1950, Rumah Zenel dialihfungsikan dari kantor Konsulat Belanda menjadi kantor layanan jamaah haji Indonesia, yang saat itu berada di bawah kekuasaan Belanda.

Baca Juga

Penyelenggaraan pameran mencerminkan dukungan berkelanjutan kepemimpinan untuk meningkatkan dan merehabilitasi situs warisan di Kerajaan, menghidupkan kembali dan melestarikan lokasi budaya dan mendidik generasi tentang peran historis dari tempat wisata ini dalam memperkuat pawai bangsa.

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/613874/SAUDI-ARABIA/Dutch-House-a-Shared-History-exhibition-opens-in-historic-Jeddah

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini