Kamis 25 Nov 2021 18:18 WIB

Hikmah Taat kepada Allah

Amalan hati yang paling penting dan paling sulit dilakukan adalah ikhlas.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT menciptakan manusia agar mereka beribadah hanya kepada-Nya. Dalam melaksanakan amal ibadah, ketaatan perlu untuk dipegang teguh setiap hamba-Nya yang beriman. Hal itu disampaikan Ustaz Umaier Khas.

Menurut ketua umum Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) itu, taat bisa dimaknai sebagai ketundukan kepada Allah Ta'ala. Seorang Muslim tunduk secara suka rela kepada-Nya karena hatinya tergerak untuk itu. Untuk menjaga konsistensi, diperlukan profesionalitas.Dalam arti, ketaatannya kepada Allah pun dilakukan secara profesional.

Baca Juga

Banyak ulama membahas soal profesionalitas dalam ketaatan.Maksudnya, ini isyarat bagi kita bahwa profesional itu bukan hanya dalam urusan- urusan pekerjaan duniawi, ujar dosen Pendidikan Da'i Akademik Alquran Klaten, Jawa Tengah, itu.

photo
Infografis Tips Menjaga Keikhlasan Ibadah Haji - (Republika)

Seperti apa makna dan hikmah taat itu? Bagaimana menjaga tekad dalam diri agar selalu konsisten menaati-Nya? Seperti apa kiat-kiat menjadi seorang Muslim yang saleh, menurut para ulama dan sufi? Berikut hasil perbincangan wartawan Republika, Muhyiddin, bersama alumnus Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta ini, beberapa waktu lalu.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement