Selasa 07 Dec 2021 17:17 WIB

Kisah Nabi Sulaiman Dituduh Penyihir

Nabi Sulaiman dikenal sebagai nabi yang sholeh yang diberikan sejumlah mukjiat Allah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Penggembala beristirahat di area dekat makam Nabi Sulaiman, Plain of Mizpah
Foto:

Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorang pun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat.

Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (Kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui,”.

Dalam riwayat lain, sebab diturunkannya ayat tersebut juga datang dari riwayat Ibnu Abi Hatim dari Abul Aliyah, “Bahwasannya orang-orang Yahudi bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang perkara yang ada di dalam Taurat.

Mereka tidak mengajukan pertanyaan kepada Nabi kecuali Allah menurunkan kepada Nabi jawaban dari apa yang mereka tanyakan. Maka Nabi selalu menjawabnya, dan ketika mereka melihat hal tersebut maka mereka berkata, “Orang ini lebih mengetahui dari pada kita tentang apa yang diturunkan kepada kita,”. Dan sesungguhnya mereka bertanya kepada Nabi Muhammad SAW mengenai sihir dan mereka berselisih dengan Nabi.

 

Maka Allah menurunkan ayat tersebut dalam firman-Nya, “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan,”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement